Menggunakan Alteco memang akan merusak keindahan mobil, bahkan menimbulkan bekas lem. Cara menghilangkan bekas lem Alteco di body mobil berikut ini bisa Anda coba lakukan.

By the way, tahukah Anda apa alasannya penggunaan lem Alteco untuk body mobil tidak dianjurkan?

Alasan Tidak Dianjurkannya Penggunaan Lem Alteco pada Body Mobil

Lem Alteco menjadi bagian dari Lem Super atau dikenal dengan istilah The Power Glue, selain lem dengan merk UHU.

Lem Alteco memiliki keunggulan, yakni kekuatan perekatnya yang tinggi dan cepat kering. Karena itu, penggunaanya harus diperhatikan dan tidak boleh sembarang. Demikian bagi Anda, ketika ingin melakukan modifikasi pada mobil janganlah sekali-kali menggunakan lem jenis ini.

Tapi jika sudah terlanjur, Anda bisa terapkan tiga cara di bawah ini.

Menghilangkan Bekas Lem Alteco di Body Mobil dengan Aseton

Aseton merupakan cairan kimia yang tidak berwarna atau bening.  Aseton kerap kali berguna sebagai cairan pembersih kuku dari kutek. Anda dengan mudah dapat menemukan cairan Aseton di outlet-outlet alat-alat kecantikan atau outlet-outlet wanita. 

Seandainya Anda belum mendapatkannya, maka Anda bisa membeli cairan ini di toko bahan-bahan kimia atau toko online. Langkah untuk menghilangkan Lem Alteco, yaitu dengan menuangkan cairan Aseton di mangkok. 

Kemudian oleskan Aseton ke Body Mobil menggunakan kain yang bisa menyerap atau bisa juga menggunakan kuas. Anda bisa melihat reaksi bekas Alteco yang memudar dengan adanya Aseton. Ulangi dengan cara mengoleskan aseton hingga bekas benar-benar menghilang.

Baca juga:Ini Dia 5 Merk Pengkilap Mobil yang Tidak Merusak Cat Mobil

Menghilangkan  Bekas Lem Alteco di Body Mobil dengan Minyak Zaitun

Jika Anda kesulitan mencari Aseton untuk menghilangkan bekas Alteco, maka cobalah untuk menggunakan  minyak zaitun dengan garam. Bahan-bahan ini lebih mudah ditemukan. Cara penerapannya hampir sama dengan Aseton, yaitu tuangkan minyak zaitun secukupnya, kemudian diberikan tambahan sedikit garam, kurang lebih satu sendok teh.

Aduk-aduk hingga tercampur seperti Anda akan membuat scrub untuk lulur perawatan. Setelah selesai coba oleskan campuran Minyak Zaitun dan garam ke body mobil yang memiliki bekas Alteco. 

Gosok-gosok menggunakan sikat atau kain. Anda perhatikan dengan seksama cairan zaitun dan garam akan bereaksi untuk mencairkan bekas lem Alteco yang mengeras di Body Mobil.

Menghilangkan Lem Alteco di Body Mobil dengan Cuka

Cuka merupakan bahan yang paling murah dan paling mudah Anda dapatkan untuk menghilangkan bekas lem Alteco. Anda bisa mendapatkan bahan ini dari warung, pasar, atau supermarket terdekat. 

Cuka memiliki sifat yang korosif atau mengikis. Dalam penggunaan cuka Anda perlu menambahkan mentega agar bekas Alteco lebih mudah memudar. Caranya, yaitu tuangkan sedikit cuka dan tuang mentega sebanyak dua sendok makan. 

Aduk-aduk setelah tercampur dengan kental oleskan pada body mobil yang mempunyai bekas Alteco. Saat menggunakan bahan cuka dan garam Anda perlu bersabar karena reaksi dari korosif yang timbul dari cuka terbentuk secara perlahan. 

Selain itu penggunaan campuran cuka dengan garam harus dalam keadaan kental atau cair, karena jika terlalu cair akan susah menyatu akibat komponen mentega yang bersumber dari minyak, sedangkan komponen cuka yang bersumber dari air asam cuka.

Itulah beberapa cara menghilangkan bekas lem Alteco di body mobil. Anda bisa memilih salah satu di antaranya. Menggunakan minyak zaitun lebih dianjurkan, karena larutan kimia dan asam mungkin akan merusak lapisan cat mobil.