Melakukan perawatan mobil tidak hanya tentang maintenance mesin, tetapi menghilangkan jamur pada body mobil juga tak kalah pentingnya.

Jamur mobil cukup mengganggu tampilan. Selain membuatnya tampak kusam, jika dibiarkan terus menerus tanpa perawatan maka bisa membuat cat mobil terkelupas. 

Sayangnya tidak banyak orang yang punya cukup waktu untuk membawa mobil ke Bengkel, selain itu dengan melakukan perawatan di rumah tentu biaya yang dikeluarkan juga relatif lebih murah.

Apa Penyebab Munculnya Jamur pada Body Mobil?

Anda mungkin seringkali bertanya-tanya mengapa bisa muncul jamur pada body mobil padahal sudah rutin mencucinya. Jawabannya adalah barangkali cara Anda mencuci atau melakukan perawatan kurang tepat.

Saat Anda pulang kerja dengan kondisi mobil terkena air hujan misalnya. Karena capek, Anda tidak lekas membersihkan dan mengeringkannya. Padahal air hujan cukup membahayakan bagi mobil.

Kenapa air hujan berbahaya? sebab air hujan mengandung debu dan polusi yang membuatnya bersifat asam dan bisa menyebabkan korosi.

Lakukan perawatan secara berkala tiap kali terkena air hujan untuk meminimalisir efek buruknya. Jika sudah terlanjur ada jamur yang menempel pada body mobil, lakukan cara sederhana ini agar jamur tak lagi mengganggu tampilan mobil Anda.

Memanfaatkan Bahan Sederhana di Rumah

Anda tentu tidak menginginkan cat mobil mengelupas dan terlihat kusam karena jamur bukan? jika Anda ingin menjual mobil tersebut, tentu akan sangat merepotkan jika harus mengecat ulang dan biayanya juga tidak sedikit.

Jika Anda bertanya bagaimana cara menghilangkan jamur pada body mobil, tak perlu khawatir karena ada banyak bahan sederhana yang bisa digunakan. Tak perlu mengeluarkan budget lebih untuk membawanya ke Bengkel, sebab Anda bisa melakukannya sendiri di rumah.

  • Pasta Gigi

Bahan pertama yang mudah Anda temukan adalah pasta gigi, semua orang pasti memilikinya di rumah. Anda juga tidak perlu mengeluarkan budget besar untuk menggunakannya.

Bersihkan mobil Anda dari debu dan keringkan sebelum mulai membersihkan jamur. Anda bisa mengoleskan pasta gigi pada body mobil yang terkena jamur, tunggu hingga kering dan bersihkan dengan air.

Namun Anda harus berhati-hati dalam pengaplikasiannya sebab pasta gigi mengandung bahan yang cukup keras. Jika Anda menggosoknya tidak dengan hati-hati maka bisa menimbulkan bekas pada body mobil.

  • Pemutih Pakaian

Bahan selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah pemutih pakaian. Cairan yang biasanya menjadi senjata andalan ibu-ibu dalam menghilangkan noda membandel di pakaian ini, ternyata juga bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan jamur mobil.

Cara penggunaannya hampir sama dengan pasta gigi, sebaiknya Anda gunakan sarung tangan khusus saat menggunakannya dan jika Anda memiliki riwayat penyakit asma, ada baiknya menggunakan masker.

  • Alkohol

Kali ini Anda perlu membeli terlebih dahulu jika tidak terbiasa menyediakan alkohol di rumah. Belilah alkohol dengan konsentrasi 50 – 90% dan siapkan kapas serta kain untuk menghilangkan jamur mobil.

Secara kasat mata, jamur ini biasanya berupa bercak putih. Alkohol mengandung bahan kimia yang mampu menghilangkannya.

Baca juga: Bye-bye Noda! Inilah Cara Ampuh Membersihkan Plafon Mobil

Menggunakan Bahan Khusus Penghilang Jamur

Bahan-bahan sederhana yang disebutkan diatas memang cukup ampuh untuk menghilangkan jamur pada body mobil, namun jika jamur mobil sudah membandel maka cobalah menggunakan bahan khusus penghilang jamur.

Ada banyak merk penghilang jamur yang beredar di pasaran, pastikan untuk mengecek kandungan bahannya sebab banyak obat penghilang jamur yang berbahan keras.

Bacalah dengan seksama instruksi penggunaannya agar tidak merusak cat mobil atau membahayakan Anda.

Selain itu gunakan pula cairan khusus untuk melindungi cat body mobil Anda, seperti wax, Polymer coating, Glass coating, maupun lainnya. Selain agar tampak seperti baru, pelindung ini juga dapat mencegah goresan pada body mobil.

Pilihlah cara menghilangkan jamur pada body mobil yang paling efektif. Tanpa perlu ribet ke bengkel, mobil pun kembali kinclong.