Ketiak yang berwarna gelap dapat membuat banyak orang menjadi minder. Apalagi saat memakai dress atau pakaian tak berlengan. Adakah cara memutihkan ketiak secara alami? atau apakah cara menghilangkan ketiak hitam dengan pasta gigi aman untuk kesehatan? Lihat jawabannya di bawah.

Penyebab Ketiak Hitam

Masalah kulit ketiak memang membuat kurang percaya diri. Tanpa Anda ketahui, ternyata banyak penyebab kulit ketiak warnanya tidak cerah. Apa sajakah itu?

Salah satu yang menyebabkannya adalah akibat iritasi. Hal ini biasanya terjadi karena terlalu sering mencukur dan mencabuti bulu ketiak. Ketiak yang iritasi kemudian memicu bertambahnya sel pigmen kulit, sehingga warna ketiak tidak cerah.

Sebab lainnya adalah karena banyaknya gesekan antara kulit ketiak dengan baju. Bisa juga karena tumpukan sel kulit mati. Selain itu karena efek samping terlalu banyak memakai deodorant atau efek bawaan dari penyakit lain seperti diabetes.

Memutihkan Ketiak dengan Odol dan Efek Sampingnya

Sedang ramai di media tips-tips untuk memutihkan ketiak, misalnya dengan mengoleskan odol. Klaim mereka, pasta gigi bisa memutihkan karena banyak mengandung mineral. Menurut review memutihkan ketiak dengan pasta gigi juga bisa mengangkat sel kulit mati.

Namun kenyataannya, belum ada informasi dan penelitian ilmiah yang benar-benar membuktikan hal ini. Malah, justru penggunaan odol di ketiak kurang baik bagi kesehatan kulit Anda.

Kandungan hidrogen peroksida di pasta gigi bisa membuat kulit ketiak kering dan lebih mudah iritasi. Malah tinggi resikonya kulit akan mengalami banyak efek samping merugikan, seperti mengelupas, menjadi gatal, kering, dan radang, serta bisa terjadi iritasi. Bahkan bisa terjadi radang pada saraf rambut ketiak.

Tidak mau bukan? Bukannya putih, kulit Anda malah akan terluka.

Cara Alami Mencerahkan Kulit Ketiak

Cara Alami Mencerahkan Kulit Ketiak

Daripada dengan pasta gigi, lebih baik Anda memakai bahan alami. Ada banyak cara membuat ketiak cerah yang lebih aman bagi kesehatan. Bahan-bahan alami resiko dan efek sampingnya akan lebih rendah.

Apa saja bahan-bahan alami untuk membuat kulit ketiak cerah? Di antaranya sebagai berikut:

1. Lemon

Masyarakat sudah sering memasukkan lemon untuk bahan masker. Ini karena khasiat lemon yang bagus untuk kulit. Lemon mempunyai zat antiseptik yang menghalangi pertumbuhan bakteri di kulit. Selain itu keasaman lemon juga bisa membersihkan sel kulit mati yang menumpuk di ketiak.

Cara pemakaiannya tidaklah sulit. Pertama, Anda perlu mengiris-iris lemon. Kemudian, tempelkan lembaran lemon tersebut di ketiak dan usap pelan-pelan. Tunggu hingga 10-15 menit dan bersihkan ketiak. Pasang krim pelembab untuk menghindari kulit kering. Cara ini harus Anda lakukan setiap hari agar terlihat hasilnya.

2. Campuran kunyit dengan timun

Anda juga bisa menggunakan masker alami dari kunyit dan mentimun. Timun menjadikan ketiak segar, sedangkan kunyit mengurangi bau badan. Paduan keduanya baik untuk memutihkan kulit Anda.

Supaya mudah mencampurnya, sebaiknya pilihlah kunyit dalam bentuk powder atau bubuk.

Cara membuat masker kunyit dan timun adalah seperti berikut. Siapkan mentimun yang sudah Anda haluskan, kemudian campur dengan bubuk kunyit. Bila perlu bisa menambahkan tetesan lemon. Setelah merata, oleskan dan tunggu 10-15 menit. Bilas ketiak hingga bersih.

Sama seperti menggunakan lemon, hasilnya tidak akan muncul secara instan. Lakukan ini secara rutin agar pelan-pelan ketiak Anda menjadi cerah dan segar.

3. Campuran Yoghurt dan Susu

Sudah sejak lama susu menjadi bahan masker dan body lotion karena manfaatnya dalam peremajaan kulit. Ternyata, kedua bahan ini juga bisa Anda gunakan untuk membuat kulit ketiak lebih terang. Susu dan yoghurt punya kandungan protein dan kalsium yang bisa mencerahkan warna kulit.

Cara pemakaiannya juga sederhana. Campurkan susu dan yoghurt dengan takaran sama. Kemudian oleskan di ketiak Anda dan tunggu 10-15 menit sebelum Anda bilas. Hal ini bisa Anda ulangi secara rutin untuk mendapat hasil yang optimal. 

Cara Mencegah Kulit Ketiak Menghitam

Setelah menggunakan masker ketiak berbahan alami, Anda perlu juga mencegah hal-hal yang bisa membuat ketiak menghitam. Seperti yang telah kita bahas, ada beberapa penyebab kulit sekitar ketiak berwarna gelap. Sebagian besar dapat Anda hindari.

Jika kulit ketiak menghitam karena iritasi, Anda sebaiknya mengurangi dahulu mencukur atau mencabut bulu ketiak. Apabila penyebab iritasinya adalah deodorant, sebaiknya Anda mengganti ke deodorant yang ringan atau tanpa bahan pewangi. Bisa juga dengan menghentikan pemakaian deodorant sementara.

Untuk kulit ketiak hitam karena penyakit dan alasan medis lainnya, perlu konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Ini agar tidak salah penanganan dan malah membuat iritasi.

Demikian pembahasan lengkap mengenai apakah cara menghilangkan ketiak hitam dengan pasta gigi bagus untuk kesehatan kulit atau tidak. Sebaiknya Anda menggunakan cara-cara yang alami agar meminimalisir iritasi dan efek samping lainnya.

Baca juga: