Cara mengkilapkan cat mobil berwarna hitam cukup sering dipertanyakan oleh para pemilik kendaraan mobil. Sebab, warna hitam banyak dipilih oleh masyarakat dikarenakan kesan yang eksklusif dan gaya yang elegan.

Kendati demikian, mobil berwarna hitam cepat terlihat kusam atau terkesan kotor jika terkena debu atau kotoran. Ditambah lagi lapisan pernis pada mobil berwarna cat hitam cenderung lebih tipis.

Nah perlu Anda ketahui bahwasannya mengkilapkan cat mobil berwarna hitam sangat simpel untuk dilakukan. Hanya saja Anda harus melakukannya secara rutin juga dengan cara yang tepat.

Berikut ini adalah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengkilapkan kembali cat hitam mobil yang Anda miliki.

1. Rutin Mencuci Mobil Anda

Hal paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah rutin mencuci mobil. Paling sedikit dalam kurun waktu seminggu minimal satu hingga dua kali. 

Apalagi ketika memasuki musim penghujan, usahakan kuantitas jumlah kegiatan mencuci mobil perlu ditambah. Disarankan setiap mobil terkena guyuran hujan, maka harus segera dicuci.

Ini dikarenakan hujan mengandung zat asam yang berpengaruh pada kondisi cat mobil. Apabila didiamkan, bukan tidak mungkin cat mobil perlahan akan memudar dan kusam.

Anda bisa mencuci mobil di tempat pencucian atau dilakukan sendiri di rumah, serta dilakukan di waktu matahari tidak terik seperti pagi atau sore hari.

2. Gunakan Sampo Khusus Mobil

Sampo khusus cuci mobil wajib Anda gunakan saat mencuci. Sebab sampo akan memudahkan kegiatan mencuci terutama untuk menyingkirkan kotoran – kotoran yang menempel.

Anda juga harus memperhatikan beberapa aspek dalam memilih sampo mobil. Antara lain sampo yang tidak mengandung silikon, tidak mengandung bahan detergen, memiliki tingkat keasaman netral atau pH 7, serta disarankan berbahan organik.

3. Hindari Pancaran Langsung Sinar Matahari

Sinar matahari ternyata berpengaruh cukup signifikan terhadap tingkat mengkilap cat mobil berwarna hitam. Sebab jika mobil Anda terlalu lama terkena sinar matahari secara langsung, maka cat mobil akan cepat kusam dan memudar.

Tidak hanya kondisi cat dan eksterior, bagian interior pun juga berpotensi terkena dampak buruknya. Oleh sebab itu, Anda bisa melakukannya dengan cara memarkir kendaraan di bawah tempat yang teduh.

4. Setelah Mencuci, Pastikan Mobil Benar-benar Kering

Hal yang perlu diperhatikan setelah melakukan kegiatan mencuci mobil, pastikan mobil dilap benar-benar kering, karena cat mobil hitam dapat memperlihatkan bintik-bintik noda bekas air jika tak terlap sempurna.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan masalah cara mengelap yang benar. Disarankan posisi mengelap dilakukan dengan cara satu arah untuk menghindari kemungkinan resiko terbaret atau semacamnya.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jamur pada Body Mobil Tanpa ke Bengkel

5. Mobil Harus dalam Keadaan Bersih Saat Ditutupi Sarung Mobil

Untuk menjaga kebersihan mobil dan mencegah adanya debu menempel, Anda bisa menutupinya dengan sarung mobil. Namun pastikan terlebih dahulu bahwa mobil berada dalam kondisi bersih. 

Sebab jika kondisinya kotor, justru akan semakin memperburuk kondisi. Debu dan kotoran akan mengendap dan menimbulkan resiko cat mobil tergores. Pastikan pula sarung mobil memiliki bahan dasar yang  halus. 

6. Gunakan Paint Protection

Penggunaan paint protection juga bisa dijadikan opsi bagi Anda untuk menjaga cat mobil berwarna hitam tetap mengkilap. 

Paint protection memiliki peran yang cukup penting untuk menjaga lapisan pernis cat mobil tetap tebal dan mencegah potensi tergores.

7. Lakukan Proses Detailing

Anda juga bisa melakukan proses detailing sebagai langkah untuk merawat kondisi cat mobil. Kunjungi tempat detailing terdekat yang memiliki kredibilitas dan kualitas terbaik. Detailing sendiri disarankan untuk dilakukan sebanyak satu tahun sekali.

8. Cairan Pengkilap Cat Mobil

Jika Anda telah melakukan beberapa langkah sebelumnya, tetapi masih ingin cat mobil berwarna hitam lebih mengkilap lagi, maka cairan pengkilap bisa menjadi satu solusi.

Kendati demikian, Anda harus memperhatikan cairan pengkilap yang memiliki kualitas baik. 

Hal-hal  yang Menyebabkan Cat Mobil Berwarna Hitam Cepat Kusam

Setelah penjelasan mengenai cara efektif untuk mengkilapkan cat mobil berwarna hitam, Anda juga perlu mengetahui apa saja hal yang menyebabkan cat tersebut menjadi kusam.

Berikut beberapa di antaranya :

  • Debu.
  • Air yang mengering dengan sendiri tanpa dilap.
  • Menggunakan sampo yang tidak tepat.
  • Menggunakan sarung mobil dengan bahan yang kasar. 
  • Faktor eksternal lainnya seperti getah pohon, cipratan cat, dan lainnya.

Penutup

Cara mengkilapkan cat mobil berwarna hitam cukup mudah, bukan? Beberapa diantaranya bisa Anda lakukan sendiri di rumah.  Akan tetapi Anda tetap harus teliti dan konsisten untuk melakukan cara – cara tersebut secara rutin. 

Jika dapat melakukannya secara tepat, berapapun usia mobil Anda kondisi cat akan tetap mengkilap seperti baru.