Apakah HP Vivo Anda berisi dokumen pribadi yang tak boleh diketahui orang lain? Jika iya, maka menerapkan cara mengunci aplikasi di HP Vivo adalah salah satu solusi. Supaya tidak sembarangan orang bisa mengakses dokumen tersebut, ketika HP terpaksa Anda pinjamkan kepada orang lain.

Pemberian kunci pada aplikasi sebaiknya maksimal, mulai dari homescreen hingga berbagai aplikasi private yang Anda punya. Jadi, walaupun suatu saat terjadi hal tak diinginkan seperti HP hilang atau rusak, data tersebut tidak bisa dibuka oleh siapapun tanpa kunci atau password dari Anda.

Cara Mengunci Aplikasi di HP Vivo Pakai Menu Setting

Beda dengan HP lain, Vivo memang dibekali fitur penguncian aplikasi yang sudah tersedia pada menu pengaturan. Anda tinggal aktifkan, supaya aplikasi-aplikasi private tersebut bisa aman. Berikut ini cara menyembunyikan aplikasi di HP Vivo pakai kata kunci:

  • Anda perlu buka menu di halaman utama, kemudian pilih setting atau pengaturan.
  • Buka menu  dengan wajah dan kata sandi dengan ikon persegi berwarna ungu dengan gambar orang di dalamnya.
  • Klik pada menu privasi dan enkripsi aplikasi, kemudian lanjutkan dengan membuka kunci menggunakan passwordyang sama dengan kata kunci yang Anda pakai saat mengaktifkan HP.
  • Masukkan empat digit kode penguncian aplikasi yang akan Anda pakai, pastikan untuk mengingat kode tersebut karena akan diperlukan setiap kali Anda akan membuka aplikasi tertentu yang dikunci.
  • Konfirmasi kembali kode yang sudah dimasukkan dan masukkan pertanyaan kategori keamanan yang akan memudahkan Anda mengingat kode. Kemudian pilih perintah selesai untuk memastikan proses pembuatan kode selesai.
  • Setelah itu, Anda akan diberikan daftar aplikasi yang aktif pada HP, tinggal pilih mana yang ingin diberi kode privasi dengan memindahkan tombol off menjadi on di sisi kanan masing-masing aplikasi.
  • Jika sudah selesai, tinggal cek apakah proses sudah berhasil atau belum. Caranya dengan keluar dari menu pengaturan, kemudian cek aplikasi yang sudah dikunci sebelumnya. Jika saat menekan tombol ikonnya Anda diminta memasukkan kode, artinya proses penguncian sudah berhasil.

Baca Juga: Awas, 6 Ciri Ciri HP kamu Telah disadap

Cara Mengunci Aplikasi di HP Vivo Pakai Aplikasi Tambahan

Ada juga cara berikutnya yang bisa dipilih dan sama fungsinya dengan cara menyembunyikan aplikasi di HP Vivo, yaitu mengunci dengan bantuan aplikasi tambahan seperti Smart Applock.

Smart Applock

Smart Applock

Cara pakai aplikasinya juga mirip dengan cara di atas, hanya saja Anda melakukan penguncian langsung dari smart applock.

  • Pastikan untuk mengunduh aplikasi pada HP Vivo Anda, bisa langsung via Google Play Storekarena sudah tersedia tanpa biaya tambahan.
  • Jalankan aplikasi dengan membuka ikon aplikasi Smart Applockyang sudah muncul pada halaman utama HP Anda.
  • Kemudian  masukkan kata kunci yang ingin dipakai sebagai password Pastikan untuk tidak lupa kata sandi privasi dan enkripsi aplikasi Vivotersebut, supaya aplikasi Anda tidak terkunci dan malah jadi tak bisa digunakan.
  • Anda akan diminta melakukan verifikasi kode dengan beberapa langkah, tinggal ikuti sampai selesai.
  • Lanjutkan dengan memilih aplikasi yang ingin dikunci, lalu aktifkan penguncian aplikasi tersebut dengan mencentang biru pada setiap aplikasi yang ada pada daftar Smart Applock.
  • Setelah selesai, maka aplikasi sudah terkunci otomatis dan hanya bisa dibuka menggunakan kata kunci yang Anda masukkan sebelumnya.

Itulah beberapa cara mengunci aplikasi di HP Vivo yang bisa Anda coba, jika memang ingin membuat berbagai aplikasi menjadi privasi dan tidak bisa dibuka sembarangan. Ingat! Semakin aman data dalam aplikasi akan semakin nyaman Anda beraktivitas menggunakan aplikasi tersebut dimana saja dan kapan saja.