Apa sih istilah dari Ground Clearance? Menurut Wikipedia, ground clearance adalah sejumlah ruang di antara dasar dari ban kendaraan dengan bagian bawah chassis. 

Sederhananya, Ground Clearance adalah jarak antara ban bawah yang menyentuh tanah dengan bawah mobil. Biasanya untuk mengukurnya ada dua aturan standar tertentu, yaitu dapat diukur ketika diberikan beban dan diukur ketika tanpa beban.

Semakin tinggi ground clearance sebuah mobil, maka semakin aman. Sebab tidak akan mudah mengalami kerusakan pada komponen yang ada di bagian kolong mobil.

Seberapa Penting Meninggikan Ground Clearance?

Menurut masukan dari para pecinta otomotif, memiliki mobil yang tinggi ground clearance-nya, Anda akan aman terhindar dari beberapa rintangan ketika di jalan. Seperti terhindar dari speed bump, genangan air, terkenanya batu, atau apa pun yang bisa merusak kolong mobil Anda.

Selain aman ketika di bawa ke jalan yang penuh rintangan, mobil dengan ground clearance yang tinggi dapat dibawa jauh, karena dapat menahan limbung saat dibawa dengan kecepatan tinggi.

Ambil contoh kendaraan crossover seperti Honda HR-V, Toyota Rush, Daihatsu Terios yang jika meninggikan ground clearance-nya, akan semakin nyaman dibawanya.

Ada banyak cara meninggikan ground clearance mobil, salah satunya adalah meningkatkan diameter luar lingkar roda atau mengganti ukuran velg dan ban. Hal ini dapat meningkatkan pusat massa atau istilah kerennya adalah center of gravity dari kendaraan tersebut.

Anda bisa tentukan seberapa besar velg atau ban yang akan Anda ganti. Tentu batas normalnya adalah 2 inci. Jika Anda akan mengganti velg, otomatis juga Anda harus mengganti ban mobil Anda. Jadi sebaiknya pertimbangkan keduanya jika ingin meningkatkan ground clearance mobil Anda.

Baca juga: Kaki-Kaki Mobil Bunyi gluduk, Ini yang Harus Anda Lakukan

Ada kelebihan pasti ada kelemahannya. Tidak selalu mobil yang ditinggikan ground clearance-nya memiliki kelebihan yang baik, tentu ada kelemahannya juga. 

Lihat dari sisi stabilitasnya yang semakin kurang stabil. Kalau sudah kurang stabil biasanya menjadi sulit untuk dikendalikan.

Tidak hanya kestabilannya saja, tapi juga pada saat Anda akan berpindah jalur dan melewati sebuah tikungan, risiko dinding pada ban terlipat karena ukuran dinding ban semakin tinggi.

Selain itu kelemahan jika Anda menggunakan telapak ban yang besar adalah bidang gesekannya akan bertambah luas antara ban dengan permukaan jalan. Pada akselerasi mobil pun, tingkatnya akan berkurang dan juga mempengaruhi tarikan yang menjadi berat.

Apakah akan mempengaruhi penggunaan bahan bakar? Tentu iya, bahan bakar akan menjadi lebih boros. Tidak hanya mempengaruhi ke bahan bakar saja tapi juga bobot ban Anda, output yang diperlukan menjadi lebih besar untuk menggerakkan ban mobil Anda

Apapun itu tentu semuanya akan ada kelebihan dan kekurangan, tinggal Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan biaya yang akan dikeluarkan. Sekali lagi tidak ada salahnya meninggikan ground clearance mobil Anda demi kenyamanan berkendara.