Burung Murai Batu yang memiliki birahi berlebihan memang akan menjadi lebih agresif dan juga emosian. Burung juga cenderung galak kepada pemilik burung bahkan bisa menyebabkan murai batu ciak bulu / cabut bulu. Jika sudah seperti ini, tentu pemilik burung harus menurunkan birahi Murai Batu.

Pemilik burung pun rela melakukan berbagai cara agar birahi Murai Batu dapat stabil kembali. Salah satu cara mudahnya adalah dengan memberikan Timun pada burung Murai Batu. Berikut penjelasan lengkapnya yang bisa Anda coba juga.

Timun untuk Menurunkan Birahi Burung Murai Batu

Mungkin Anda akan bertanya-tanya apakah timun bisa menjadi pakan untuk menurunkan birahi Murai Batu? Apa burung Murai Batu akan memakannya? Biasanya burung Murai tidak mau memakan timun karena teksturnya yang keras.

Cincang Timun dan Campurkan Kroto

Timun memiliki kandungan getah yang keluar ketika Anda memotongnya. Cara mengeluarkan getah pada timun bisa dengan potong sedikit timun bagian ujung. Lalu gosokan potongan timun tersebut dengan bagian timun lainnya yang terpotong.

Getah akan keluar dari timun perlahan-lahan. Getah yang keluar dari timun akan membuat timun semakin empuk. Tekstur timun yang keras biasanya burung Murai Batu akan menolak untuk memakannya.

Ada cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan getah. Pertama, kupas terlebih dahulu kulit timun. Kedua, potong timun menjadi kecil-kecil seperti mencincang timun. Letakkan potongan timun dalam bak kecil yang biasa burung gunakan untuk makan.

Sebaliknya, burung Murai Batu akan mau memakan timun ketika timun memiliki tekstur yang empuk. Tidak masalah jika biji timun juga Anda potong kecil-kecil dan berikan pada burung. Burung akan tetap memakannya.

Baca juga: Inilah 6 Tips dan Cara Membuat Murai Batu Fighter

Timun Kaya akan Air, Vitamin, Mineral

Timun yang memang pada dasarnya mengandung banyak air ini bisa menjadi cara menurunkan birahi Murai Batu. Tak hanya air, timun juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk burung Murai Batu.

Apalagi untuk burung Murai Batu yang sedang kekurangan serat dan mengalami dehidrasi. Anda bisa berikan timun untuk mengatasi masalah yang terjadi dan menjaga kesehatan burung Murai Batu.

Untuk memancing agar burung Murai Batu mau memakannya, berikan kroto sedikit saja. Campur kroto dan potongan kecil timun dengan cara mengaduknya sampai rata. Lalu letakkan bak makan burung Murai Batu berisi timun ke dalam kandang burung.

Cukup Berikan 1x dalam 2 Hari

Memberikan timun untuk menurunkan birahi Murai Batu tidak perlu terlalu sering. Anda cukup berikan timun dua hari sekali. Jika Anda ingin memberikan timun meski burung dalam keadaan sehat dan birahi stabil juga tidak mengapa.

Cacing untuk Menurunkan Birahi Burung Murai Batu

Anda juga bisa menggunakan cacing. Jenis cacing yang diberikan juga bukan cacing khusus. Menggunakan cacing tanah biasa juga dapat berfungsi untuk menurunkan birahi Murai Batu.

Anda bisa berikan cacing tanah sebanyak dua atau tiga kali dalam satu minggu. Sebaiknya ukuran cacing juga tidak terlalu panjang agar memudahkan burung ketika makan. Selain untuk menurunkan birahi Murai Batu, cacing juga berfungsi membuat burung sehat.

Cacing tanah yang diberikan sebaiknya dalam keadaan utuh. Tak mengapa apabila masih ada tanah yang menempel pada badan cacing. Alasannya karena burung Murai Batu membutuhkan bakteri untuk pencernaannya.

Demikian penjelasan cara mudah diatas menggunakan timun dan cacing. Kandungan pada timun dan cacing juga baik bagi burung Murai Batu. Selain untuk menjaga kesehatan ternyata juga bisa untuk menurunkan birahi Murai Batu.