Apakah Anda termasuk pecinta warna-warni bunga?

Jika, iya, Anda wajib memasukan bunga krisan sebagai  tanaman hias yang hadir di halaman atau rumah, nih.

Bunga ini terkenal juga dengan sebutan bunga seruni. Mula-mula tumbuh subur  di Cina kemudian meluas sampai ke Eropa. Sampai saat ini, bunga krisan memiliki banyak jenisnya, lho.

Yuk, cari tahu lebih dalam tentang cara merawat bunga krisan agar Anda dapat menikmati keindahannya sepanjang waktu.

Suka Warna-warni Bunga Krisan? Yuk, Cari Tahu Tips Merawatnya dengan Tepat!

Sudah pasti jadi pilihan tepat jika bunga krisan hadir untuk menghiasi rumah. Tanaman hias satu ini sebenarnya cukup mudah untuk tumbuh.

Namun, Anda tetap harus memperhatikan dengan teliti bagaimana cara merawat bunga krisan yang paling tepat. Langsung saja simak, yuk!

  • Beda Lingkungan Hidup, Beda Cara Perawatannya

Anda dapat menanam si bunga cantik ini pada halaman rumah atau pot. Beda lingkungan hidup, beda pula cara merawat bunga krisan ini.

Buatlah petak berbentuk persegi pada halaman rumah. Pastikan Anda sudah menggemburkan tanahnya agar bibit bunga krisan dapat tumbuh dengan indah.

Sedangkan, jika Anda ingin menanamnya pada pot, Anda membutuhkan komposisi yang tepat sebagai tempat hidup bunga ini.

Campurkan tanah gambut, serat kelapa, dan arang sekam dengan menggunakan perhitungan 1 : 1 : 4 untuk setiap pot.

  • Pilih Lokasi Paling Tepat agar Mendapat Pencahayaan

Sinar matahari bagian dari sumber kehidupan seluruh makhluk hidup, termasuk bunga hias satu ini. Merawat bunga krisan dalam pot dapat Anda lakukan dengan menempatkannya pada ruangan yang terkena sinar matahari.

Pastikan untuk menempatkan bunga ini pada posisi yang teduh. Jika terlalu banyak mendapat sinar matahari, maka bunga krisan akan layu bahkan mati.

Baca juga: Suka Tanaman Kaktus? 5 Tips Merawat Kaktus Mini bagi Pemula

  • Jangan Sembarangan Menyiram Bunga Ini

Terkenal dengan nama ilmiah Chrysanthemum, bunga krisan wajib mendapatkan air secara ideal. Bahkan, proses penyiraman bunga ini tidak boleh asal-asalan.

Salah satu cara merawat bunga krisan agar agar tidak layu adalah dengan penyiraman yang secukupnya. Cukup siram bagian batang dan akar, serta lakukanlah pada pagi hari.

Siramlah secukupnya, bahkan jangan biarkan mengenai  bunga dan daunnya. Hal itu dapat menyebabkan bunga membusuk dan akhirnya mati.

  •  Gunakan Teknik Paling Tepat agar Tumbuh Subur

Pilih hanya pupuk organik agar bunga cantik ini dapat berkembang dengan baik. Meminimalisir kandungan kimia akan membuat bunga ini semakin lebat.

Cara merawat bunga krisan agar selalu berbunga adalah Anda dapat lakukan teknik pinching. Tujuannya untuk menstimulasi tanaman hias ini agar tumbuh subur.

Mula-mula, potonglah kuncup bunga dan tangkainya dengan gunting khusus tanaman. Lakukan teknik ini hanya satu minggu sekali pada musim kemarau.

  • Lakukan Pembasmian Hama secara Rutin

Bukan tidak mungkin bunga krisan Anda yang beraneka warna ini tidak dihinggapi hama. Hama dan gulma biasanya akan bersarang pada bunga satu ini.

Hama berupa ulat dan tungau akan menggerogoti bunga krisan secara perlahan. Cara pembasmian dapat Anda lakukan dengan mengambilnya secara langsung.

Sedangkan untuk membasmi gulma, Anda dapat membersihkan gulma yang tumbuh liar ini secara langsung.

Adanya gulma dapat mengganggu perkembangan bunga krisan. Sehingga, Anda wajib membersihkannya secara berkala.

Penutup

Kehadiran bunga yang beraneka warna membuat suasana rumah semakin menyenangkan. Tidak salah jika Anda memilih bunga krisan sebagai penghias rumah alami.

Pastikan saja Anda memahami cara merawat bunga krisan dengan tepat. Tentu bunga hias ini akan tetap hidup dengan cantik dan indah.