Jika Anda baru memulai hobi berkebun, pilihlah tanaman kaktus yang perawatannya cukup simpel. Yuk, cek dulu tips merawat kaktus mini yang bikin estetik ruangan!

Siapa yang tidak tertarik dengan warna-warni yang muncul dari bunga kaktus mini?

Wah, Anda yang baru mulai hobi berkebun, sangat cocok jika memilih kaktus mini sebagai tanaman pertama yang Anda rawat.

Kaktus mini memiliki banyak varian. Mulai dari ukurannya yang mencapai 50 kaki sampai ukuran mini yang media penyimpanannya di dalam pot.

Bagi Anda yang tertarik dengan kaktus mini, simak dulu tips merawat kaktus mini untuk mempercantik meja kerja atau ruangan Anda.

Berencana Mulai Hobi Berkebun? Ini 5 Tips Merawat Kaktus Mini yang Simpel

  • Perhatikan Media untuk Menanam Kaktus Mini

Merawat tanaman kaktus mini sebenarnya cukup simpel. Namun, susunan media tanam tempat kaktus ini hidup tidak boleh Anda abaikan.

Gunakan pot yang memiliki lubang di bagian bawahnya, kemudian susun media untuk kaktus hidup seperti kerikil untuk bagian dasar pot.

Selanjutnya, campurkan tanah, pupuk, pasir kasar, dan serbuk arang. Dengan cara seperti ini, nantinya sistem drainase dan lingkungan hidup kaktus lebih terjaga.

  • Jangan Sepelekan, Pastikan Kaktus Mendapatkan Sinar Matahari

Kaktus akan sangat estetik saat Anda menempatkannya pada meja kerja. Namun, sebagaimana tanaman pada umumnya, tanaman ini pun memerlukan sinar matahari sebagai sumber kehidupannya.

Sehingga, Anda dapat menempatkan kaktus mini pada ruangan yang biasanya terkena sinar matahari.

Atau salah satu  cara merawat kaktus mini indoor adalah Anda sesekali harus mengeluarkan kaktus ke luar ruangan agar mendapatkan sinar matahari dan udara segar yang cukup.

  • Mau Menyiram Kaktus Mini? Boleh, Tapi Berikan Air Secukupnya

Kaktus memang mampu bertahan hidup di tempat yang kering. Tapi ingat dengan baik, bukan berarti tanaman ini tidak membutuhkan air, ya.

Cukup jadwalkan penyiraman dalam periode 14 hari sekali. Jika Anda terlalu sering memberinya air, tanaman ini mudah membusuk dan akhirnya mati.

Pastikan Anda menyiramnya saat pagi hari. Karena, pada waktu tersebut akar kaktus dapat menyerap banyak air dengan bantuan sinar matahari.

Baca juga: 7 Cara Menanam Jahe Agar Hasil Melimpah Wajib Kamu Ketahui

  • Kaktus Mini Tidak Membuat Anda Repot, Cukup Ganti Pupuk Setahun Sekali

Pergantian pupuk untuk kaktus mini hanya perlu Anda lakukan satu tahun sekali. Ini berfungsi untuk memperbaiki lingkungan hidup tanaman berduri satu ini.

Upayakan untuk mengganti pupuk kaktus mini pada saat musim hujan tiba. Anda perlu melakukannya dengan telaten agar akar dari kaktus tidak rusak.

  •  Lakukan Pemindahan Pot, Jika Kaktus Tumbuh Lebih Besar

Sekalipun  sebutannya kaktus mini, bukan berarti tanaman ini akan berukuran mini selamanya, ya. 

Jika Anda tahu cara merawat kaktus mini dengan baik, tanaman ini akan tumbuh membesar dan mengeluarkan bunga berwarna-warni.

Kegiatan repotting atau pemindahan pot ini dapat Anda lakukan saat akar-akar kaktus sudah keluar dari pot. 

Atau saat kondisi pot sudah berlumut, sehingga kaktus tidak dapat tumbuh dengan baik.

Pertama-tama, Anda dapat mengeluarkan kaktus dari pot dengan cara menyiram pot sampai cukup basah. Coba semprot  akarnya dengan fungisida, kemudian simpan di tempat yang kering.

Kedua, Anda dapat menyiapkan dan menyusun media tanam kaktus yang baru. Selanjutnya, letakkan tanaman ini pada pot baru dengan posisi tegak. Kaktus mini sudah memiliki lingkungan baru yang sehat.

Penutup

Kaktus mini biasanya menjadi pemanis ruangan. Penempatan tanaman satu ini memberikan nilai estetika tersendiri. Anda dapat mengaplikasikannya di bagian tertentu pada ruangan Anda.

Kaktus mini termasuk tumbuhan super simpel. Bahkan, Anda dapat merawat kaktus mini meskipun punya aktivitas yang padat. Yuk, pilih tanaman cantik ini sebagai pelengkap dekorasi ruangan!