Ketika melihat benda ataupun suatu ruangan yang bernuansa vintage, rasanya memang ingin kembali ke era lama dengan perasaan yang lebih syahdu dan tenang. 

Maka, tidak heran jika beberapa orang memutuskan untuk mengoleksi barang kuno atau klasik. Seperti halnya mobil. Jika Anda ingin melakukan hal yang sama silahkan simak 4 rekomendasi mobil sedan paling irit tahun 90-an

1. Mobil Sedan Toyota Starlet

Toyota Starlet 1990 Grumsa

Toyota Starlet 1990 | Source: cars-data.com

Toyota Starlet merupakan mobil sedan yang laris keluar pada tahun 1973 hingga 1999. Hingga saat ini, masih banyak orang yang menaruh ketertarikan pada mobil sedan Toyota Starlet, karena banyak keuntungan yang anda dapatkan, antara lain desain yang unik dan menjadi ciri khas dari mobil.

Toyota Starlet memiliki jenis mesin bervariasi yang terdiri dari karburator, Injeksi, hingga injeksi dengan turbo. Menjadi mobil sedan yang masih difavoritkan masyarakat, jika Anda miliki pun tidaklah rugi, karena harga jual masih sekitar 50 juta. Mesin yang ada dalam Toyota Scarlet juga masih terasa kuat yang terdiri dari 1000 cc hingga 3000 cc

2. Mobil Sedan Toyota Corolla

Toyota Corolla 1990 Grumsa

Toyota Corolla 1990 | Source: edmunds.com

Selain Scarlet, Toyota juga memiliki primadona unggulan lain di bagian mobil lawas. Salah satunya, yaitu  mobil sedan Toyota Corolla. Selain memiliki bagasi yang cukup mewah, di sisi lain, mobil ini juga sudah didukung teknologi berbasis ECT. Corolla dapat dikatakan sebagai mobil yang hemat bahan bakar, hal ini karena konsumsi bahan bakar mobil, yaitu 10 hingga 12 km/liter.

Toyota Corolla merupakan mobil sedan klasik yang keluar produksi dari tahun 1983 hingga 1985. Harga jual dari mobil ini yaitu mulai dari 23 Juta. Mobil ini memiliki kapasitas yang cukup untuk daya tampungnya yaitu 6000 rpm dengan bobot lebih dari 800 kilogram.

Baca juga: Kaki-Kaki Mobil Bunyi gluduk, Ini yang Harus Anda Lakukan

3. Mobil Sedan Mazda

Sedan Mazda 1990 Grumsa

Sedan Mazda 1990 | Source: commons.wikimedia.org

Jika Anda masih merasa kurang puas dengan mobil yang disediakan yang berupa mobil Toyota Corolla atau Mobil Toyota Starlet, maka Anda dapat mencoba menggunakan alternatif mobil Sedan lain yaitu Mobil Sedan Mazda, atau sering disebut pula dengan istilah Mazda Lantis. Mazda Lantis merupakan mobil sedan lawas yang keluar di era 1995.

Adapun kelebihan yang ada pada Mobil Sedan Mazda antara lain mesin tarik yang handal dan mantap meskipun sudah lawas, memiliki desain yang sporty, dashboard lebih terlihat trendy, bagasi luas. Terdapat beberapa kekurangan yang ada pada mobil Mazda seperti spare part yang susah dicari, bahan bakar yang cukup boros. Harga jual yaitu masih mencapai sekitar 60 Juta.

4. Mobil Sedan Timor

Sedan Timor Grumsa

Sedan Timor | Source: commons.wikimedia.org

Hadir pada era 1996, Mobil Timor menjadi kendaraan yang lumayan digandrungi pada kala itu. Mobil Sedan Timor memanglah sangat legendaris, apalagi jika telah sadar bahwa Sedan Timor sering digunakan dalam film-film yang hadir pada tahun orde baru. Mobil Sedan Timor menjadi mobil yang diproduksi oleh perusahaan Nasional dengan pemilik, Tommy Suharto.

Mobil Timor memiliki kelebihan, yaitu harga yang lumayan ramah dikantong. Jenis mobil Sedan Timor ini memiliki bentuk dan warna yang elegan. Selain itu Sedan Timor juga memiliki piranti-piranti yang cukup lengkap.

Adapun kekurangan yang dimiliki oleh Mobil Sedan Timor antara lain bodi yang tipis, sehingga kurang nyaman jika digunakan berkendara terlalu kencang. 

Itulah rekomendasi mobil sedan yang paling irit di tahun 90-an. Anda bisa memilih mobil sesuai dengan selera, meskipun keluaran tahun lama, buktinya jenis-jenis mobil kuno masih digandrungi oleh masyarakat hingga saat ini.