RPM (Revolutions Per Minute) bisa dilihat pada tachometer yang ada di panel mobil Anda. Banyak orang yang kurang paham mengenai penyebab mobil tersendat di RPM rendah. Jika Anda pernah mengalaminya, Anda perlu tahu mengapa hal itu bisa terjadi.

Banyak faktor yang mempengaruhi munculnya masalah pada kendaraan mobil Anda dan apa saja masalah tersebut? Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

  • Filter Bahan Bakar yang Kotor

Bayangkan jika ada sebuah pipa yang mengalirkan suatu cairan dan pipa tersebut kotor. Tentu cairan tersebut tidak dapat mengalir dengan baik karena terhalangi dengan kotoran yang menempel di dalam pipa.

Begitu juga yang akan terjadi pada kendaraan Anda. Bila filter bahan bakar mobil Anda kotor, hal tersebut bisa menyumbat aliran bensin ke seluruh komponen mesin mobil Anda.

Hal ini dapat membuat tenaga mesin pada kendaraan berkurang dan mobil pun jadi tersendat-sendat di RPM rendah. Solusinya, ya tentu saja filter tersebut perlu dibersihkan.

  • Kurangnya Tenaga pada Mesin Mobil

Ternyata mobil yang terlalu dimanja atau terlalu hati-hati dan jarang digunakan dengan kecepatan tinggi, bisa menyebabkan mobil kurang memiliki tenaga. Jika kurang tenaga, bisa membuat kendaraan roda empat Anda menjadi tersendat-sendat di RPM rendah.

Hati-hati tentu amat sangat diwajibkan ketika Anda sedang berkendaraan, tetapi jika mobil Anda terlalu sering dimanja, maka akan membuat mesin mobil Anda menjadi lemah.

Baca juga: Kaki-Kaki Mobil Bunyi gluduk, Ini yang Harus Anda Lakukan

  •  Oli yang Kurang Bagus

Oli pada mobil Anda itu ibaratnya ‘darah’ dalam mesin, yang memiliki fungsi sebagai pelumas untuk beberapa komponen yang ada di dalam ruang bakar. Contohnya seperti piston, stang piston dan kruk as.

Oleh karena itu, perlu menjaga kualitas olinya agar tidak membuat mobil Anda menjadi bermasalah. Jangan menunggu sampai oli mobil Anda kering dulu lalu baru diganti, sebab jika ini terjadi maka mobil Anda menjadi tersendat di RPM rendah.

Pergantian oli mobil sebaiknya dilakukan rutin, yaitu biasanya ketika kilometer mobil sudah menyentuh ke angka 5,000 sampai 10,000 atau sekitar 6 bulan sekali.

  • Ketidaksesuaian Antara Bahan Bakar dengan Kebutuhan Mobil

Mengisi bahan bakar mobil sesuai dengan standar kendaraan Anda juga merupakan hal yang penting. Jika tidak sesuai, maka akan membuat performa mesin menurun dan berpotensi dapat menimbulkan mobil tersendat di RPM rendah.

Misalnya Anda memiliki mobil dengan injeksi yang tinggi, tetapi Anda malah mengisinya dengan bahan bakar yang memiliki oktan rendah, inilah yang dapat membuat kendaraan mobil Anda bermasalah nantinya. Sebaiknya isilah bahan bakar yang sesuai yaitu yang memiliki oktan yang tinggi juga.

  • Kurangnya Perawatan

Apakah Anda termasuk yang jarang melakukan perawatan berkala mobil Anda? Jika iya, hal ini juga dapat menjadi salah satu penyebab mobil tersendat di RPM rendah.

Melakukan perawatan kendaraan secara rutin dapat mendeteksi apakah ada komponen mobil Anda yang rusak. Contohnya, jika tiba-tiba kendaraan Anda tersendat, bisa jadi ada komponen yang perlu diganti atau kondisi aki yang lemah.

Hal seperti ini bisa diantisipasi dari awal, yaitu salah satunya dengan rutin melakukan perawatan. Rata-rata alasan tidak rutin melakukan perawatan adalah karena biaya. Padahal, justru semakin jarang melakukan perawatan, maka biaya servisnya akan semakin mahal.

Inilah 5 penyebab mobil tersendat di RPM rendah dan semoga Anda semakin paham terhadap perawatan kendaraan Anda. Sebab kendaraan yang terawat tidak hanya membuat si pengendara nyaman dan aman, tapi juga kendaraan Anda akan memiliki nilai jual nantinya ketika Anda akan mengganti kendaraan mobil Anda dengan yang baru. Semoga bermanfaat.