Sebelum Anda memutuskan untuk memelihara Murai Batu Ekor Panjang, Anda wajib mengetahui fakta-faktanya terlebih dahulu pada artikel ini sampai selesai.

Murai Batu Ekor Panjang adalah jenis dari burung Murai Batu atau yang juga dikenal dengan nama Kucica Hutan.

Burung Murai Batu ini memiliki beberapa daerah penyebaran, khususnya di Asia Tenggara, yaitu di sebagian besar pulau Sumatera, sebagian pulau jawa, dan sebagian Semenanjung Malaysia.

Nama Ilmiah

Burung Murai Batu atau Murai Batu Ekor Panjang, memiliki nama ilmiah Copsychus malabaricus. Burung ini termasuk dalam keluarga burung cacing atau Muscicapidae yang juga masih satu keluarga dengan burung Murai jenis lainnya.

Habitat Asli

Pada habitat aslinya, Kucica Hutan lebih cenderung untuk hidup di daerah hutan alam yang rimbun.

Burung ini termasuk jenis burung teritorial (Thrushes) atau burung yang menerapkan sistem daerah kekuasaan dan akan mempertahankan daerah kekuasaan miliknya.

Ciri Morfologis

Burung ini memiliki ciri khas tubuhnya yang berwarna hitam pekat di bagian atas dan memiliki warna orange cerah di bagian dada.

Keistimewaan Burung Murai Batu Ekor Panjang

Keistimewaan Burung Murai Batu Ekor Panjang

Keistimewaan Burung Murai Batu Ekor Panjang

Burung Murai Batu Ekor Panjang memiliki berbagai keistimewaan yang membuatnya semakin banyak digemari oleh para pecinta burung.

Berikut beberapa keistimewaan dari Murai Batu Ekor Panjang.

1. Suara yang Merdu dan Nyaring

Burung Murai Batu dikenal dengan suara kicauannya yang sangat bagus dan nyaring.

Bahkan burung ini juga telah mendapatkan penghargaan kategori burung dengan nyanyian terindah atau Best Song BirdsDelacour, pada tahun 1947.

Oleh karena itu, tidak heran jika saat ini banyak para pecinta burung yang memelihara Murai Batu Ekor Panjang.

Bahkan di beberapa daerah juga sering diadakan kontes atau lomba burung Murai Batu yang dinilai dari segi suaranya.

2. Keindahan Ekor Panjangnya

Selain suaranya yang sangat indah, burung Murai Batu Ekor Panjang juga memiliki keistimewaan yang tidak kalah menarik, yaitu ekornya yang panjang dan indah.

Bahkan saat ini juga sudah ada kategori lomba khusus untuk Murai Batu Ekor Panjang. Kontes atau lomba Murai Batu Ekor Panjang ini selain menilai segi suara juga menilai keindahan ekor, panjang ekor, dan kualitas ekor burung.

Syarat Panjang Ekor Murai Batu

Lalu apa yang menjadi syarat burung Murai Batu disebut sebagai burung Murai Batu Ekor Panjang? Apakah ada standar minimal panjang ekornya?

Burung Murai Batu bisa dikatakan sebagai Murai Batu Ekor Panjang jika memiliki ekor dengan panjang setidaknya 20 cm. Jadi, burung Murai Batu dengan ekor di bawah 20 cm belum bisa dikatakan sebagai Murai Batu Ekor Panjang.

Kecuali burung tersebut merupakan anakan dari indukan burung Murai Batu Ekor Panjang.

Menurut Murai Mania, saat ini burung Murai Batu Ekor Panjang rata-rata memiliki ekor dengan panjang sekitar 20 cm sampai 27 cm.

Namun, ada satu burung Murai Batu yang berhasil menjadi burung Murai Batu ekor terpanjang di Indonesia, burung tersebut berasal dari Aceh dan memiliki ekor sepanjang 35 cm.

Para kicau mania khususnya pecinta murai juga sudah melakukan penelitian bahwa ternyata Murai Batu Ekor Panjang paling banyak ditemukan di daerah Sumatera Utara. Seperti di kota Medan, Nias, Bahorok, dan sekitarnya.

Harga Murai Batu Ekor Panjang

Harga Murai Batu Ekor Panjang

Harga Murai Batu Ekor Panjang

Murai Batu dikenal dengan harga yang lumayan tinggi, lalu bagaimana dengan harga Murai Batu Ekor Panjang? Harga Murai Batu Ekor Panjang tentunya lebih mahal dari Murai Batu ekor pendek.

Bahkan menurut Burhan, salah seorang pengepul Murai Batu di Jakarta Timur mengatakan bahwa burung Murai Batu Ekor Panjang memiliki kenaikan harga sekitar Rp 1 juta setiap bertambah 1 cm untuk burung dengan ekor di atas 20 cm.

Lalu berapa harga untuk burung Murai Batu dengan panjang ekor di bawah 20 cm? Tuturnya harga burung Murai Batu dengan ekor di bawah 20 cm dibanderol dengan harga antara Rp 4,5 juta sampai dengan Rp 8 juta.

Jadi dari penjelasan tersebut, bisa disimpulkan bahwa burung Murai Batu dengan ekor di atas 20 cm memiliki harga hingga jutaan rupiah. Bahkan burung Murai Batu yang memiliki ekor 23 cm saja dijual dengan diatas harga 10 juta.

Belum lagi ditambah jika burung tersebut sudah gacor, tentu saja harganya akan naik berkali-kali lipat.

Apalagi jika burung tersebut merupakan indukan yang sudah dijamin kualitasnya dan sudah memenangkan berbagai penghargaan. Bukan tidak mungkin harganya mencapai ratusan juta rupiah.

Jika Anda tertarik untuk memelihara burung Murai Batu Ekor Panjang ini, Anda harus siap merogoh dompet Anda dalam-dalam.

Tidak hanya itu saja, Anda juga harus siap untuk merawat burung Murai Batu Ekor Panjang dengan baik agar bisa tumbuh sehat dan memiliki ekor yang panjang dan indah. 

Semoga dengan informasi di atas Anda bisa mengenal burung Murai Batu Ekor Panjang dengan lebih dekat. Selamat berkicau mania!

Baca juga: