Jurus pengkilap mobil yang tidak merusak cat sebenarnya bisa Anda temui pada pelindung cat mobil (paint protection). Beda dengan sampo yang sekadar membersihkan, ini akan melapisi mobil Anda dan membuatnya berkilau seperti baru lagi.

Shampo mobil yang selama ini jadi andalan Anda, tidak akan membuat mobil mengkilap. Pakai shampo untuk membersihkan saja, kemudian pakai pengkilap mobil yang tidak merusak cat untuk melapisinya.

Lantas, apa yang harus Anda perhatikan dalam memilih obat pengkilap bodi mobil?

  • Perhatikan Jenis Pengkilap Mobil

Sejauh ini, pelindung cat mobil punya empat jenis. Wax, polymer coating, glass coating, dan fluorine coating. 

Wax pengkilap cat mobil umumnya murah, tapi tidak tahan lama. Polymer coating lebih mudah pemakaiannya, tapi butuh pemolesan ulang karena tipis.

Sementara itu, glass coating lebih awet, bisa sampai satu tahun, tapi agak susah pengaplikasiannya. Fluorine coating, punya kualitas diantara polimer dan glass coating, terbaik dan paling banyak dipakai orang karena berada di tengah.

Selanjutnya, perhatikan pula efek anti air dari tiap produk. Water repellent untuk mobil berwarna terang. Sementara water hidrofilik untuk mobil warna gelap. Cocok jadi pengkilap cat mobil warna hitam.

Nah, setelah memperhatikan jenis dan kandungan pelindung cat untuk pengkilap mobil, berikut 5 rekomendasi merk pengkilap mobil terbaik yang bisa Anda pakai.

Baca juga: Menghilangkan Baret Mobil dengan Kit, Terbukti Ampuh Banget!

  • SOFT99 Fusso Coat F7 Pearl & Metallic

Berada di kisaran harga Rp298.100,00, produk ini bisa melindungi lapisan cat mobil lebih Anda lebih dari setengah tahun. Lebih tahan air, anti goresan, dan mudah terserap. Cocok dipakai di daerah dengan curah hujan tinggi.

Lapisan superhydrophobic dan WARP technology membuat kilau mobil lebih terlindungi.

  • Meguiar’s Paint Protect

Ada di kisaran harga Rp 271.000,00, Meguiars bisa melindungi mobil sampai satu tahun lamanya. Harga sebanding dengan kualitas.

Untuk hasil lebih maksimal, bisa dipadukan dengan mengaplikasikan wax terlebih dahulu, baru kemudian memakai Meguiar’s Paint Protect. Proses mudah dengan hasil yang tak mengecewakan. Mobil mengkilap lebih awet. Biaya perawatan jadi lebih murah.

  • Shield Protection Crystal Nano Shield Protection 9H

Mulai dari Rp250.000,00, mobil Anda sudah bisa lebih glossy dari biasanya. Berbahan nano ceramic, diklaim lebih kuat melindungi kilap mobil Anda. Efeknya akan sangat tinggi. Lebih glossy dari pelindung cat biasa.

Selain itu, noda swirl scratch pada mobil bisa tersamarkan lebih dari separuhnya. Produk yang cocok untuk performa terbaik mobil Anda.

Baca juga: Cara Mudah dan Efektif Mengkilapkan Cat Mobil Berwarna Hitam

  • Turtle Wax Metallic Car Wax

Harga terjangkau, hasil memukau. Mulai dari Rp80.000,00, Anda bisa mendapatkan mobil kinclong seperti produk-produk mahal.

Teknologi gloss maximizer tak hanya membuat mobil Anda seperti baru lagi, tapi juga melindungi warna mobil Anda. Tentu tak sebagus produk yang lebih mahal, tapi untuk kilau, kilap, dan kinclong, tentu masih bisa diadu. 

  • American Magic Polisher Nano Coating Polish

Harga paling terjangkau, tepatnya di kisaran Rp70.000,00, membuat produk ini jadi pilihan banyak orang.

Nano coating bisa membuat kotoran tak bisa menempel sedikit pun pada cat mobil. Kerusakan cat akibat hujan pun bisa diminimalisir. Hebatnya lagi, selain eksterior, interior mobil seperti jok pun bisa dibersihkan juga.