Penyebab HP panas banyak sekali faktornya. HP panas adalah masalah yang sering terjadi pada pengguna ponsel. Sehingga HP tidak akan bertahan lama atau cepat rusak.

Orang-orang pasti tidak menginginkan ponselnya rusak begitu saja. Ada berbagai cara yang bisa menghindari kerusakan HP yang lebih parah. Panas pada HP akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman ketika menggunakannya.

Bahkan penyebabnya juga sangat banyak. Bisa saja dari HP itu sendiri atau perangkat lain sebagai konektornya.

Simak Penyebab HP Panas dan Cara Mengatasinya

Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi HP mudah panas. Terutama kualitas baterai atau faktor luar. Biasanya suhu yang ruangan yang panas juga merupakan penyebabnya.

Biasanya HP yang panas memiliki baterai yang boros. Hal ini sudah terbukti pada beberapa pihak yang telah mengalaminya. Sehingga HP akan berjalan cukup lambat.

Berikut adalah penyebab timbulnya panas:

1. Charger Rusak

Ada kemungkinan charger adalah penyebab munculnya panas pada HP. Ciri-cirinya adalah ketika HP dekat dengan port charger, maka akan panas. Hal ini karena charger tidak sesuai dengan spesifikasi ponsel.

Bisa saja penyebab HP panas karena charger memiliki suplai daya yang lebih tinggi atau justru rendah. Arus tegangan yang datang tidak sesuai dengan kapasitas baterai pada ponsel.

Charger yang tidak sesuai bisa membuat pengisian daya berjalan lambat. Tentu saja akan mengganggu aktivitas penggunaan ponsel. Jika sudah mengalami hal seperti ini harus segera mengganti charger ori atau output yang pas dengan ponsel.

2. Baterai Bermasalah

Jika bagian ponsel yang panas adalah baterai maka bisa saja mengalami masalah. Baterai ini fungsinya sudah tidak berjalan dengan baik atau rusak. HP akan lebih mudah panas jika terus mempertahankannya.

Ketika mengalami hal ini sebaiknya segera membawa HP ke tukang servis. Biasanya akan mendapatkan saran untuk membeli baterai yang baru.

3. Menggunakan Aplikasi Streaming Terlalu Lama

Penyebab HP panas berikutnya adalah adanya koneksi internet yang cukup lama. Biasanya seseorang yang sedang streaming terlalu lama adalah penyebab HP cepat panas.

Baterai akan cepat habis dan ponsel berjalan cukup lambat. Apalagi ketika menggunakan ponsel untuk bermain game atau menonton video. Pasti akan cepat panas dan sulit dikendalikan.

Game yang berat misalnya ML, PUBG, dan lain sebagainya. Terlebih HP yang memiliki RAM kecil sangat terancam keamanannya.

Baca Juga : Game Offline Android Tanpa Harus Gunakan Koneksi Internet

4. Faktor Lingkungan

Adapun penyebab HP Panas juga karena faktor lingkungan. Maksud dari pernyataan ini adalah suhu lingkungan yang panas akan mempengaruhi suhu pada HP. Biasanya akan cepat panas dan fungsi touch screen yang menurun.

Hal ini bukanlah hal yang sepele karena bisa mengganggu komponen internal ponsel. Alangkah baiknya tidak meletakkan HP langsung dengan sinar matahari. Hal ini bisa menimbulkan kasus yang lebih fatal.

5. Susah Sinyal

Ternyata, susah sinyal juga mengakibatkan HP panas. Hal ini karena HP akan bekerja secara terus menerus untuk mencari sinyal. Sehingga akan panas dan lemot dalam jangka waktu yang cukup lama.

Penyebab HP panas ini juga akan berpengaruh pada proses pencarian sinyal. HP yang panas sudah tidak bisa menangkap sinyal dengan maksimal. Karena fungsinya sudah terganggu dengan panas yang bisa menghambat segalanya.

6. Pengaturan Tidak Optimal

Biasanya pengaturan ponsel yang terlalu berlebihan bisa menyebabkan HP panas. Sebagai pengguna yang bijak seharusnya sudah memahami cara mengatasi hp panas. Apalagi masa kini sudah banyak orang yang menggunakan ponsel.

Biasanya pengaturan tingkat kecerahan bisa membuat HP cepat panas. Bahkan widget dan live wallpaper juga termasuk pengaturan yang membuat HP cepat panas dan baterai cepat habis.

Jika sudah mengetahui penyebab HP panas sebaiknya segera melakukan tindakan yang bisa mencegah risiko lebih fatal. Anda harus menggunakan charger yang sesuai dengan kebutuhan. Baterai yang sudah usang atau tidak layak pakai segera buang dan ganti yang baru.

Apabila menyalakan bluetooth dan GPS yang tidak penting segera mematikannya. Anda juga harus pintar dalam mengatur pembawaan HP. Jangan letakkan HP di sembarang tempat karena bisa berakibat fatal.

Jika anda adalah penggemar game sebaiknya memiliki schedule bermain. Mengingat memainkan game terus-menerus bisa jadi penyebab hp panas.