Mabung merupakan siklus yang pasti dilalui oleh semua burung, termasuk burung kacer. Mabung sendiri adalah proses perontokan bulu lama untuk berganti menjadi bulu baru. Oleh karena itu, perawatan kacer mabung sangat dibutuhkan.

Mengapa demikian? Proses mabung yang gagal akan mampu mempengaruhi performa dan penampilan burung kacer. Bisa jadi, burung kacer akan kehilangan kicauan dan keindahan bulu miliknya setelah melalui proses mabung yang gagal.

Bagi Anda yang masih awam soal perawatan burung, terutama saat burung kacer mabung, Anda perlu mengetahui tanda-tanda kacer yang akan mengalami fase mabung. Anda juga perlu mengetahui cara perawatan kacer mabung yang benar.

Nah, artikel ini akan sedikit menjelaskan dua hal tersebut kepada Anda.

Kalau Kacer Mabung, Ciri-cirinya Bagaimana?

Ada beberapa tanda kacer mau mabung yang perlu Anda ketahui sebagai pemilik burung kacer. Mengapa Anda harus mengetahui hal tersebut? Tujuannya adalah agar Anda tidak cemas dengan kondisi burung kacer milik Anda.

Kalau burung kacer milik Anda akan mengalami masa mabung, biasanya burung kacer Anda akan mengalami tanda-tanda seperti di bawah ini:

  1. Aktivitas burung kacer yang biasanya aktif akan menjadi lebih pasif. Malahan, burung kacer akan terkesan malas untuk bergerak.
  2. Bulu dari burung kacer Anda akan mulai rontok dan nampak warnanya menjadi lebih kusam dari biasanya.
  3. Nafsu makan burung kacer milik Anda akan turun sangat drastis bahkan tidak mau untuk makan. Malahan, burung kacer akan merasa terancam ketika ada manusia mendekat.
  4. Kicauan burung mabung yang biasanya terdengar nyaring akan semakin jarang bahkan berhenti. Kalau sampai burung kacer Anda masih berkicau saat mabung, Anda perlu waspada.
  5. Pandangan burung kacer akan tampak lebih sayu dari biasanya, seperti sedang menderita penyakit.

Baca Juga: Cara Menjinakan Burung Kacer yang Giras

Bagaimana Cara Perawatan Kacer yang Sedang Mabung?

Ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan agar kacer milik Anda uang mengalami mabung cepat selesai. Berikut tips-tips perawatan kacer mabung yang perlu kamu ketahui:

1. Jaga Kebersihan Kandang

Cara perawatan kacer mabung yang pertama adalah menjaga kebersihan kandang. Kandang kacer yang sedang mabung harus selalu bersih, terutama dari bulu-bulu kacer yang rontok.

Meskipun burung kacer merasa terancam, usahakan untuk menyempatkan diri membersihkan bulu kacer yang rontok.

Hal itu bertujuan agar tidak muncul kuman atau bakteri yang mampu mempengaruhi kesehatan burung kacer. Kalau sampai kuman dan bakteri muncul, burung kacer milik Anda akan rawan terkena penyakit.

2. Perhatikan Asupan Burung Kacer

Kacer yang tengah berada dalam fase mabung biasanya akan sulit untuk mengonsumsi makanan seperti biasanya. Nah, tips perawatan kacer mabung yang satu ini mungkin akan sedikit membuat Anda berusaha lebih keras.

Pasalnya, Anda perlu memperhatikan asupan bagi burung kacer milik Anda. Anda harus tetap memberinya multivitamin dan ekstra fooding agar burung kacer tetap mendapatkan nutrisi yang cukup.

Kalau Anda sampai lupa atau lalai dengan asupan burung kacer, bisa-bisa burung kacer bisa sakit dan pada akhirnya mati.

3. Perhatikan Suhu Tubuh Burung Kacer

Untuk menjaga suhu tubuh burung kacer, Anda tidak perlu memandikan atau menjemur burung kacer yang sedang mabung. Hal itu bisa mempengaruhi pertumbuhan dan proses rontoknya bulu.

Anda hanya perlu menggunakan krodong agar suhu tetap hangat bagi burung kacer. Biasanya, suhu dingin bisa akan terasa lebih dingin bagi burung kacer karena bulu yang biasa melindunginya rontok.

Kalau Kacer Sudah Selesai Mabung, Apa yang Harus Dilakukan?

Lama waktu kacer mabung biasanya adalah sekitar dua hingga tiga bulan. Biasanya, kacer yang selesai melalui siklus mabung memiliki tanda-tanda tertentu. Tanda kacer selesai mabung bisa dilihat dari bulunya yang sudah mulai tumbuh rapi.

Nah, Anda sudah bisa mulai untuk memandikan dan menjemur burung kacer yang sudah selesai mabung. Namun, Anda tidak boleh memandikan hingga basah kuyup dan menjemurnya terlalu lama karena masih proses adaptasi.

Setelah selesai, Anda bisa mulai memberikan pakan berupa beberapa ekor jangkrik untuk memicu gairah dari burung kacer milik Anda. Selain itu, Anda masih perlu menggunakan kerodong agar suhunya tetap terjaga.

Langkah-langkah untuk melakukan perawatan kacer mabung di atas perlu Anda lakukan dengan teliti agar proses mabung pada kacer Anda bisa berjalan dengan sukses dan alamiah. Selamat mencoba.