Kacer merupakan jenis burung hias yang membutuhkan banyak nutrisi dalam perawatannya dengan tujuan agar Kacer bisa berbunyi dengan gacor. Salah satu nutrisi untuk Kacer ini bisa disajikan dalam bentuk racikan minuman Kacer

Racikan minuman ini bisa digunakan sebagai vitamin alami burung Kacer yang bertujuan untuk membuat suara burung tetap merdu, dan juga gacor. Tentu saja racikan minuman ini menggunakan bahan alami yang mudah ditemukan, dan aman untuk burung.

Ramuan Daun Mengkudu

Daun Mengkudu

Daun Mengkudu

Pertama adalah ramuan yang juga bisa berfungsi sebagai vitamin buat Kacer biar ngeplong dengan menggunakan bahan yang mudah ditemukan yakni mengkudu. Di sini pemilik hanya tinggal menghaluskan mengkudu agar menjadi minuman yang bisa langsung diminum oleh Kacer.

Adapun beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan, serta bagaimana cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan bahan seperti beberapa lembar daun mengkudu, dan sediakan tempat untuk menghaluskannya
  • Sediakan sedikit air sebagai bahan untuk mencampur
  • Saringan
  • Wadah bersih

Setelah semua bahan sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah membuat minuman racikan minuman untuk burung Kacer ini.

  • Ambil beberapa lembar daun mengkudu, cuci bersih dan kemudian letakkan di atas alat untuk menghaluskan lalu tumbuk sampai halus.
  • Setelah halus campurkan tumbukkan tersebut dengan air bersih yang sudah disediakan, dan aduk rata.
  • Sediakan wadah bersih sebagai tempat menampung, dan kemudian sediakan juga saringan. Masukkan racikan minuman tadi ke dalam saringan lalu saring dan pastikan ampas tidak ada ampas daun yang masuk.

Selesai, ramuan daun mengkudu sudah bisa dikonsumsi. Untuk alat menghaluskannya sendiri bisa dipilih antara menggunakan blender ataupun cobek. 

Mencampur Buah dan Telur

Buah dan Telur

Buah dan Telur

Ramuan selanjutnya berfungsi agar Kacer gacor siang malam, dan kali ini ada ramuan yang merupakan campuran dari buah dan juga telur. Memang dari segi aroma, dan rasa sepertinya kedua bahan ini tidak terlalu sedap, namun khasiat yang diberikan justru sangat juara.

Karena hal itulah di sini akan diberikan bagaimana cara membuat ramuan minuman burung kicau khususnya Kacer yakni:

  • Persiapkan buah yang masih segar yakni buah apel merah, dan telur ayam sebanyak 3 butir
  • Kroto
  • Wadah bersih
  • Alat untuk memarut

Setelah semua bahan tadi sudah disediakan, maka langkah selanjutnya adalah membuat racikan minuman Kacer ini.

  • Persiapkan buah apel yang masih segar, cuci bersih kemudian parut dan letakkan pada wadah bersih lalu sisihkan.
  • Ambil telur ayam dan pisahkan antara putih dan kuningnya, ambil kuningnya saja dan campurkan dengan parutan apel tadi.
  • Masukkan kroto ke dalam wadah yang tadi sudah berisi parutan halus buah apel, dan juga telur lalu aduk sampai rata.

Selesai semua bahan tercampur, maka pastikan untuk langsung memberikannya kepada Kacer dengan perlahan dan jangan terlalu dipaksa. Sebagai tambahan pastikan untuk memarut apel sampai sangat halus.

Memanfaatkan Jahe untuk Burung Kacer

Jahe untuk Burung Kacer

Jahe untuk Burung Kacer

Lalu ada racikan minuman lainnya untuk Kacer yang sebenarnya cara membuatnya sangat mudah, dan memiliki banyak manfaat. Hanya saja minuman ini tidak banyak yang mencoba padahal jahe untuk Kacer sangat banyak sekali manfaatnya sehingga wajib untuk dicoba.

Untuk pembuatannya sendiri bisa dilakukan dengan mudah yakni hanya tinggal dipilih sebagai minuman godokan jahe ataupun rebusan jahe. Keduanya tentu sama-sama memberikan manfaat yang sangat baik bagi Kacer.

Beberapa manfaat minuman jahe bagi Kacer ini tidak hanya membuat suara Kacer menjadi lebih bening dan bersih. Selanjutnya adalah Kacer menjadi lebih sehat, kuat, dan lincah sehingga pada beberapa kondisi membuat Kacer tidak menjadi gampang sakit.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Racikan Minuman Kacer

Dalam membuat racikan minuman Kacer tentunya tidak bisa dilakukan secara sembarangan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya ramuan bisa memberikan manfaat optimal. Berikut ini adalah  hal yang harus benar-benar diperhatikan di antaranya:

  • Kesegaran bahan yang digunakan. Dalam membuat ramuan untuk Kacer ini tentunya semua bahan yang digunakan harus dalam kondisi segar. Sebagai contoh daun mengkudu, tentunya harus menggunakan daun segar yang masih hijau.
  • Kebersihan alat yang digunakan. Selain kesegaran dari bahan yang digunakan, pastikan juga alat yang digunakan selalu dalam kondisi yang bersih.
  • Perbandingan yang sesuai, jangan sampai meracik dengan menggunakan perbandingan yang tidak sesuai dan asal-asalan.
  • Berikan pada Kacer secara perlahan. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena ini merupakan hal yang baru bagi Kacer sehingga Kacer perlu agar bisa terbiasa, jadi harus diberikan secara perlahan.

Itulah tadi beberapa jenis racikan minuman untuk Kacer yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan keinginan. Tentunya semua racikan minuman tersebut memiliki keunggulannya masing-masing sehingga pastikan untuk memilih dengan baik. 

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa dalam memberikan racikan minuman Kacer ini diperlukan kehati-hatian, pastikan untuk memberikannya secara perlahan. Nantinya Kacer akan mulai terbiasa, dan lahap saat meminumnya. Selamat mencoba!

Baca juga: