Memelihara Murai Batu agar bisa memberikan suara yang sesuai dengan keinginan tentunya harus sangat teliti. Ada beberapa perawatan yang bisa dilakukan oleh pemilik, dan salah satunya adalah memberikan racikan minuman Murai Batu yang terbukti bisa memberikan hasil optimal.

Ada banyak sekali sebenarnya racikan minuman yang bagus untuk Murai Batu dan bisa ditemukan serta dibuat dengan mudah. Karena itu jangan sampai tidak mengetahui racikan apa saja yang bagus untuk Murai Batu supaya tetap gacor.

Kuning Telur

Kuning Telur

Kuning Telur

Ramuan pertama yang bisa membuat Murai Batu biar gacor terus adalah kuning telur, dan seperti yang diketahui kuning telur bisa memberikan banyak manfaat bagi Murai Batu. Salah satunya adalah meningkatkan stamina yang dimiliki oleh burung Murai.

Apabila stamina dari burung Murai sudah meningkat, maka suara burung bisa lebih lantang dan juga gacor. Tentunya untuk mendapatkan bahan ini bukanlah sesuatu yang sulit, karena memang bahan kuning telur bisa dengan mudah ditemukan di warung terdekat.

Manfaat kuning telur dinilai sangat baik bagi manfaat tumbuh kembang burung. Hal ini dikarenakan kuning telur mengandung banyak kandungan baik, seperti omega 3 dan juga asam lemak yang dinilai sangat baik untuk burung. 

Jahe

Jahe Untuk Murai Batu

Jahe Untuk Murai Batu

Bahan selanjutnya yang bisa digunakan sebagai penggacor burung alami adalah jahe yang memang dikenal bisa memberikan banyak manfaat. Salah satu manfaat yang paling terkenal dari jahe bagi Murai Batu adalah bisa membuat suara burung menjadi plong dan juga lantang.

Hal ini dikarenakan jahe memiliki berbagai kandungan yang baik bagi burung, seperti mineral, vitamin, serta beragam nutrisi penting lainnya. Karena itulah kemudian jahe bisa membuat suara burung murai menjadi lebih lantang dan juga gacor.

Sebenarnya jahe ini bisa diberikan secara langsung sebagai makanan untuk burung Murai Batu, namun sebagai awalan bisa dibuat sebagai minuman terlebih dahulu. Untuk membuat minumannya ini bisa dijadikan godok jahe, ataupun rebusan jahe. 

Madu dan Kencur

Madu dan Kencur

Madu dan Kencur

Selain jahe, rempah selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai racikan minuman Murai Batu adalah kencur yang kemudian dicampurkan dengan madu. Seperti yang diketahui kencur bisa bertindak sebagai antibiotik alami untuk menghilangkan rasa gatal di tenggorokan.

Apabila kencur dicampurkan dengan madu maka bisa menghasilkan ramuan yang bisa meningkatkan tenaga murai. Karena tenaganya sudah terisi itulah kemudian burung bisa menjadi semakin lantang dan juga gacor dalam berkicau.

Selain itu karena murai yang satu ini memiliki tenaga yang meningkat, maka bisa membuatnya menjadi tahan terhadap penyakit. Untuk mendapatkan manfaatnya tentu harus diberikan secara rutin beberapa hari sekali supaya bisa semakin terlihat manfaatnya.

Cara Memberikan Racikan Minuman Murai Batu

Cara Memberikan Racikan Minuman Murai Batu

Cara Memberikan Racikan Minuman Murai Batu

Tadi sudah disebutkan beberapa bahan yang bisa digunakan sebagai bahan jamu atau racikan minuman Murai Batu. Hanya saja perlu diperhatikan dalam memberikan racikan minuman ini perlu berhati-hati,dan dilakukan secara perlahan.

Karena ini merupakan ramuan dan bukannya air minum untuk Murai Batu yang biasanya diberikan yang tentunya sudah tidak asing lagi di lidah Murai Batu. Khusus ramuan seperti ini dibutuhkan kesabaran ekstra dalam memberikannya.

Sebab pada beberapa kondisi tidak bisa dihindari terkadang Murai Batu ini akan menolak ramuan yang diberikan. Sehingga pastikan untuk memberikannya secara perlahan, misalnya menggunakan sedotan ataupun droplet dan diberikan sedikit demi sedikit agar Murai Batu bisa mulai terbiasa. 

Selingi dengan Pemberian Pakan yang Baik

Penting juga untuk memberikan pakan yang baik, dan tetap merawat murai dengan cara melatihnya bersiul sesering mungkin. Hal ini tentu untuk memancing naluri murai agar semakin lantang suaranya, dan semakin gacor.

Karena harus diselingi dengan pakan yang baik, maka kali ini akan diberikan beberapa pakan yang bisa memberikan banyak sekali manfaat bagi burung Murai Batu, di antaranya:

  • Jangkrik. Makanan ini dianggap sebagai salah satu pakan terbaik bagi burung Murai Batu karena bisa memberikan banyak manfaat seperti regenerasi sel dan juga meningkatkan stamina.
  • Kroto. Selain bisa memberikan banyak manfaat bagi Murai Batu, pakan jenis ini juga sangat lembut dan juga sangat mudah untuk dicerna sehingga tidak membuat Murai Batu menjadi kesulitan.
  • Ulat kandang. Salah satu keunggulan dari pakan yang satu ini adalah tidak membuat Murai Batu menjadi kegemukan, sehingga berat badannya tetap teratur.
  • Cacing. Protein yang dimiliki oleh cacing cukup tinggi yakni mencapai 72%, dan merupakan kategori protein murni. Jadi sangat baik bagi tubuh.

Selain makanan di atas bisa juga memberikan cicak sebagai makanan selingan untuk Murai Batu. Ada banyak sekali manfaat cicak untuk Murai Batu dan salah satunya adalah mampu meningkatkan stamina yang dimilikinya.

Sehingga cicak ini sangat cocok untuk diberikan sehari ataupun seminggu sebelum burung murai mengikuti kontes, dan jangan diberikan terlalu sering.

Itulah tadi beberapa bahan yang bisa digunakan sebagai campuran untuk racikan minuman Murai Batu yang bisa coba diberikan, selamat mencoba!

Baca juga: