Salah satu burung yang terkenal di kalangan pecinta burung adalah Pleci. Pleci punya suara indah dan lantang sehingga banyak menjuarai kompetisi kicau. Tapi, agar Pleci kicaunya lantang dan gacor perlu diberi perawatan khusus, seperti doping minuman. Seperti apa racikan minuman Pleci yang bagus? Ayo kita bahas!

Tentang Burung Pleci

Burung Pleci adalah sekumpulan burung dalam genus Zosterops yang dicirikan oleh bulu berwarna putih di sekitar matanya. Orang-orang sering juga menyebut Pleci sebagai burung kacamata karena lingkaran putih tersebut.

Meskipun badannya kecil, burung ini terkenal dengan suara nyanyian yang lantang dan merdu. Namun, untuk membuat nyanyiannya merdu Anda perlu memberikan perawatan ekstra. 

Tidak jarang Pleci bersuara serak dan tidak bisa gacor. Oleh karena itu, umumnya orang memberikan doping atau minuman khusus pada burung ini untuk mempercepat perbaikan suaranya. 

Racikan minuman Pleci biar gacor bisa berasal dari bahan alami dan bisa dengan obat dari toko. Yang alami tentu saja minim efek samping sedangkan yang kimiawi bisa berbahaya jika konsumsi terlalu banyak. Meski demikian, kedua jenis doping ini sebaiknya hanya Anda berikan sampai Pleci gacor saja.

Minuman Pleci Buatan

Minuman Pleci Buatan

Pertama, kita akan membahas minuman dengan bahan obat-obatan dan buatan pabrik. Sebagian minuman-minuman ini bisa membuat Pleci lebih cepat buka paruh dan gacor. Tetapi penggunaannya sebaiknya tidak terlalu sering.

1. Air Putih dan Multimineral

Yang pertama adalah campuran air putih dengan multimineral. Multimineral bisa Anda dapatkan di toko-toko pakan burung. Bentuk botolnya menyerupai obat untuk tetes mata.

Campurkan beberapa tetes multimineral ke dalam air tawar biasa dan aduk hingga merata. Pastikan juga air putih yang Anda berikan bersih dan baik kadar keasamannya.

2. Larutan Penyegar

Berikutnya adalah larutan penyegar. Anda bisa menggunakan larutan penyegar kemasan yang bisa dengan mudah Anda dapatkan di toko-toko. Selain itu, bahan-bahan yang Anda butuhkan adalah vitamin burung, minuman buah, dan madu.

Manfaat larutan penyegar ternyata tidak hanya bagus untuk manusia saja. Tetapi juga mampu membuat burung Pleci suaranya tidak serak lagi dan bisa bernyanyi gacor. Pemberian larutan penyegar ini efeknya dapat terlihat cepat, namun tidak boleh sering-sering Anda berikan karena kurang baik bagi kesehatan burung.

Cara meraciknya tidak sulit. Anda hanya cukup mencampur larutan penyegar, vitamin, minuman buah, dan sesendok madu di tempat minum peliharaan Anda. Pemberian doping ini bisa 1 minggu sekali atau saat mendekati lomba kicau saja.

 3. Minuman Kemasan Lainnya

Selain memakai larutan penyegar, Anda juga dapat memberi minuman kemasan lainnya kepada Pleci Anda. Minuman yang sering orang-orang pakai memiliki efek serupa dengan larutan penyegar, yaitu menghilangkan serak dan membuat suara lantang.

Minuman kemasan yang umum sebagai doping untuk Pleci, di antaranya Mizone, Nutriboost, serta Vitamin Water. Sama seperti larutan penyegar, pemberian minuman-minuman ini tidak boleh setiap hari.

Minuman Pleci Alami dan Tradisional

Minuman Pleci Alami

Jika Anda ingin yang lebih sehat untuk Pleci kesayangan Anda, bisa juga memberikan racikan minuman Pleci alami. Efek sampingnya lebih rendah daripada buatan pabrik.

1. Campuran Bawang Putih dan Jeruk Nipis

Minuman sehat yang pertama adalah campuran bawang putih. Karena mudah mendapatkan bahan-bahannya, minuman ini sangat tenar di kalangan pecinta burung Pleci. Khasiatnya membuat suara Pleci Anda nyaring dan gacor ngalas.

Bahan yang Anda butuhkan, antara lain 1 siung bawang putih, gula merah, 2 buah jeruk nipis, serta beberapa sendok madu. 

Hancurkan bawang putih hingga halus dan masukkan ke dalam panci berisi air. Begitu juga dengan gula merah. Lalu, tambahkan perasan jeruk nipis serta madu. Rebus hingga mendidih. Setelah itu dapat Anda saring dan pergunakan airnya untuk minum Pleci.

2. Larutan Cuka Apel

Minuman alami lainnya berupa larutan fermentasi apel. Sebaiknya gunakan cuka apel buatan sendiri daripada membeli di toko. Karena di toko sudah bercampur bahan kimia lain.

Cara membuatnya, siapkan apel dan potong kecil-kecil. Masukkan apel ke toples berisi air. Pastikan apel terendam sepenuhnya. Tambahkan beberapa sendok gula untuk mempercepat fermentasi. Kemudian tutup toples dan simpan di tempat gelap selama 8 minggu.

Setelah 8 minggu, larutan dapat Anda saring dan airnya Anda berikan ke burung peliharaan Anda. Pemberian bisa langsung ke dalam air minum atau Anda campur dengan larutan bawang.

3. Larutan Minyak Jangkrik

Yang terakhir adalah ramuan dengan menggunakan minyak jangkrik. Jangkrik sangat tinggi khasiatnya untuk burung kicau. Namun, Pleci akan kesulitan memakan jangkrik secara langsung, sehingga sebaiknya gunakan yang sudah berbentuk minyak. Minyak jangkrik bisa Anda peroleh di toko pakan burung.

Cara memberikannya, campurkan beberapa tetes minyak jangkrik ke dalam air minum Pleci. Bisa juga Anda tambahkan lagi dengan vitamin burung.

Itulah tadi macam-macam racikan minuman Pleci yang bisa Anda coba. Silahkan Anda berikan kepada burung kesayangan Anda agar suaranya gacor dan gahar.

Baca Juga: