Semakin majunya perkembangan zaman, manusia semakin mudah untuk merasa insecure. Alhasil, banyak orang yang mulai mencari cara mengatasi insecure dengan berbagai cara. Hal tersebut diharapkan mampu mengurangi rasa insecure pada diri sendiri.

Coba sedikit kita akan membahas mengenai pengertian insecure. Insecure adalah kondisi di mana Anda merasa tidak aman dan nyaman karena sesuatu hal. Namun, kondisi tersebut bisa menyebabkan munculnya rasa tidak percaya diri, gelisah, cemas, bahkan sedih.

Fenomena insecure rupanya bisa sangat berdampak pada kehidupan pribadi dan sosial Anda. Banyak dampak insecure yang bisa Anda rasakan, baik ketika bekerja, bersekolah, maupun berinteraksi dengan orang lain.

Dari banyaknya dampak yang ditimbulkan oleh perasaan insecure, artikel kali ini akan sedikit membahas mengenai beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi rasa insecure pada diri Anda pribadi.

1. Fokus dan Stop Bandingkan Diri dengan Orang Lain

Sepertinya Anda perlu berhenti untuk membandingkan diri dengan orang lain. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menghilangkan rasa insecure yang ada pada diri Anda. Anda bisa untuk lebih fokus dengan diri Anda sendiri.

Mulailah dengan mengerjakan apa yang harus dikerjakan dan menikmati apa yang harus dinikmati dalam hidup Anda. Tidak perlu sering melihat berbagai capaian orang lain yang hanya bisa menjatuhkan mental Anda.

Nyatanya, dengan berfokus untuk meraih apa yang Anda ingin raih dan menikmati hidup Anda menjadi cara mengatasi insecure berlebihan terbaik yang bisa Anda lakukan. Selain itu, Anda juga bisa lebih maksimal dalam menggapai mimpi Anda.

Baca Juga: Contoh Gaya Hidup Hedonisme Dalam Masyarakat

2. Pergi dari Lingkungan Toxic dan Cari Support System

Selain faktor dari diri sendiri, faktor lingkungan juga bisa menentukan munculnya rasa insecure pada diri Anda sendiri. Oleh karena itu, Anda perlu menghindari lingkungan yang mengandung toxic bagi kesehatan mental Anda.

Anda juga perlu mulai mencari support system untuk membuat Anda tetap berada dalam kondisi perasaan yang positif. Support system bisa berasal dari keluarga, sahabat, maupun pasangan yang benar-benar mau menerima Anda

Support system bisa membuat Anda lebih menghargai diri sendiri sehingga meningkatkan rasa percaya diri yang Anda miliki.

Rasa percaya diri yang muncul tersebut akan menjadi cara mengatasi insecure pada diri sendiri yang paling ampuh. Bahkan, mungkin Anda sudah tidak akan merasa insecure lagi ke depannya.

3. Coba Gali Potensi Kekurangan dan Kelebihan yang Anda Miliki

Tips terakhir dalam artikel ini bisa dibilang merupakan cara mengubah insecure menjadi bersyukur. Anda bisa memulai dengan mengenali diri sendiri, yakni dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan Anda sendiri.

Dengan mengenali kelebihan pada diri Anda, Anda bisa merasa lebih percaya diri dan bersyukur karena bisa melakukan hal lebih baik dibandingkan orang lain. Bahkan, Anda bisa merasa kalau diri Anda itu berharga dan bernilai di mata orang lain.

Sementara itu, dengan Anda mengenal kekurangan pada diri Anda, Anda bisa mulai menyadari hal-hal apa yang harus Anda perbaiki dalam diri Anda sendiri. Anda juga bisa mulai menerima kalau memang diri Anda mempunya kekurangan demikian.

Bermodalkan mengenali kelebihan dan kekurangan pada diri sendiri, Anda bisa mulai terjun dan mengembangkan karier yang Anda impi-impikan sebelumnya. Selain itu, Anda juga bisa mulai mengantisipasi berbagai masalah yang mungkin muncul suatu saat nanti.

Sebenarnya, masih banyak cara lain yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan rasa insecure dalam diri Anda sendiri. Anda bisa mengatasinya lewat bantuan profesional, seperti psikiater, atau Anda bisa juga dengan membaca buku-buku pengembangan diri.

Cara mengatasi insecure yang sudah disampaikan pada artikel di atas pun bisa Anda rekomendasikan kepada orang lain. Jadi, selain Anda bisa mengatasi insecure pada diri sendiri, Anda juga bisa membantu orang lain mengatasi rasa insecure-nya.