Standar kemiringan ramp mobil tentu menjadi salah satu aspek yang harus diperhatikan dalam pembuatan garasi rumah secara seksama, mengingat hal ini sangat penting. 

Sebab dengan menentukan sudut kemiringan yang tidak tepat atau tidak sesuai dengan standarnya, bisa jadi ramp tersebut justru akan menyentuh bagian bodi atau kolong mobil. 

Mengingat pentingnya hal ini, berikut adalah penjelasan mengenai standar kemiringan ramp yang ideal serta hal-hal yang harus Anda diperhatikan sebelum garasi rumah. 

Jenis – jenis Ramp

Akan tetapi terlebih dahulu Anda perlu mengetahui bahwasannya ramp dibagi ke dalam 3 jenis berdasarkan tingkat kemiringannya, antara lain : 

  • Kemiringan rendah, dengan sudut kemiringan berkisar 5 sampai 8 persen.
  • Kemiringan sedang, dengan sudut kemiringan berkisar 8 sampai 15 persen. Bisa kita jumpai di basement.
  • Kemiringan curam, yakni sudut kemiringan berkisar 30 sampai 40 persen. Biasanya diperuntukkan bukan untuk kendaraan. 

Membuat Ramp Mobil Pada Garasi Rumah yang Ideal dan Sesuai Standar

Kemiringan ramp menjadi salah satu aspek yang cukup penting dalam proses pembuatan garasi rumah. Usahakan kemiringan ramp tersebut ideal dan sesuai dengan standar. 

Nah sebelum membuat sebuah ramp mobil, Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini…

1. Jenis mobil

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah jenis mobil yang Anda miliki. Tentu saja dalam garasi atau basement, jenis kendaraan yang biasanya akan diparkirkan adalah mobil atau roda dua.

Nah pertimbangan ini bisa dijadikan satu dasar untuk mendesain ramp garasi rumahmu yang sesuai standar ideal.

Namun jika garasi diperuntukkan untuk kendaraan dengan jenis yang lebih besar, maka harus ada penyesuaian kembali berdasarkan perhitungannya. 

2. Ketinggian Antara Ramp dan Bagian Atap Garasi

Setelah menentukan jenis mobilnya, tentu Anda akan mengetahui ukuran garasi secara keseluruhan sehingga dapat disesuaikan. 

Termasuk aspek ketinggian atap plafon garasi. Nah aspek ini juga sangat terkait dengan penentuan sudut kemiringan ramp mobil. Standar idealnya adalah jarak ketinggian antara ramp dan bagian atap minimal adalah 230 meter.

Sementara estimasi tinggi kendaraan sendiri yakni maksimal 220 meter. Perlu Anda ketahui bahwa perhitungan tersebut berdasarkan perhitungan secara tegak lurus dengan kemiringan ramp.

Baca juga: Perlukah Meninggikan Ground Clearance Mobil?

3. Perkirakan Ukuran Berdasarkan Mobil Dengan Ground Clearance Rendah

Dalam menentukan ukuran kemiringan sesuai standar yang ideal, Anda perlu menggunakan mobil yang memiliki dengan ground clearance yang rendah. Untuk itu, Anda bisa menggunakan mobil berjenis sedan. 

Umumnya ground clearance mobil sedan berkisar 13 cm hingga 15 cm. Pastikan bahwa perhitungan sudut dihitung secara tepat supaya kolong mobil tidak menyentuh ramp.

4. Perhatikan Jarak Antara Sumbu atau As Roda

Kemudian Anda juga harus memperhatikan jarak antara as roda depan dan as roda belakang. Hal ini supaya kemiringan ramp mobil tidak sampai menyentuh bagian bumper depan dan belakang mobil.

Umumnya panjang bodi dari mobil sedan berkisar antara 3,5 meter sampai 4,5 meter. 

5. Perhatikan Jarak Antara Sumbu Roda Dengan Bagian Bumper Depan dan Belakang Mobil

Dengan perkiraan panjang antara sumbu roda 2,8 meter sampai 3 meter, maka jarak antar sumbu roda ke bagian bumper depan dan belakang berkisar 78 sampai 97 centimeter.

6. Lebar ramp

Anda juga harus memperhatikan perihal penentuan lebar ramp. Amannya untuk garasi rumah lebar ramp minimal 2,5 hingga 3 meter. Hal tersebut mempertimbangkan lebar mobil yang umumnya berkisar 1,5 sampai 1,7 meter sehingga masih mendapatkan ruang yang cukup. 

Standar Kemiringan Rump Mobil untuk Garasi Rumah Secara Tepat

Nah beberapa pertimbangan di atas bisa dijadikan dasar bagi Anda untuk menghitung kemiringan ramp supaya ideal dan tidak menyentuh bagian bodi mobil.

Anda juga dapat mengetahui titik kritis, artinya jarak terdekat bagian bodi mobil yang akan menyentuh ramp.

Nah dari sinilah dapat ditentukan pula berdasarkan proses perhitungan, bahwa kemiringan ideal dari ramp mobil untuk garasi rumah berkisar 10 derajat. 

Kendati demikian, kemiringan tersebut bisa berubah berdasarkan kondisi tertentu. 

Penutup

Standar kemiringan ramp mobil untuk garasi rumah bisa ditentukan dengan memperhatikan beberapa aspek. Hal tersebut bertujuan agar ramp mobil tersebut sesuai dengan standar ideal dan tidak menyebabkan bagian body mobil tergores.