Pengalaman ditolak membuat rekening BCA karena tidak mempunyai NPWP memang tidak menyenangkan. Padahal Anda membutuhkannya. Untuk membantu Anda mengatasi masalah ini, mari simak syarat buka rekening BCA tanpa NPWP berikut ini.

Dasar Aturan Syarat Buka Rekening Harus Menyertakan NPWP

Pemberian syarat akan adanya NPWP saat membuka rekening sesuai dengan Pasal 14(2) Peraturan Bank Indonesia No. 14/27/PBI/2012. Peraturan ini menuliskan tentang “Penerapan Program Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme Bagi Bank Umum.”

Walaupun sudah ada ketentuan tersebut, tetapi fakta di lapangan berkata lain. Tidak semua Bank mewajibkan syarat menggunakan NPWP ini. Ada Bank yang memberi kelonggaran, seperti memakai NPWP Suami/ Istri. Atau ada juga yang sama sekali tidak mensyaratkan adanya NPWP.

Semua itu kembali lagi ke kebijakan masing-masing Bank. Karena tiap Bank juga harus memenuhi target untuk mendapatkan nasabah sebanyak-banyaknya. Jadi, Anda juga harus pintar dalam mencari celah regulasi.

Misalnya, Bank di perkotaan akan lebih ketat. Sedangkan Bank di pedesaan memberlakukan aturan dengan lebih longgar atau bahkan dihilangkan sama sekali. Atau, Anda bisa membuka program tabungan yang memang ditujukan untuk nasabah yang belum mempunyai NPWP.

Baca juga: Syarat Gadai BPKB Motor di Pegadaian: Mudah, Aman dan Cepat

Syarat Buka Rekening BCA Tanpa NPWP

Sejatinya, BCA mempunyai 10 produk tabungan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan nasabah, dan produk tabungan yang tidak membutuhkan NPWP ada empat. Antara lain sebagai berikut:

  • Tahapan Xpresi BCA.

Teorinya, produk tabungan BCA yang satu ini memang untuk para anak muda. Tetapi pada prakteknya, semua usia juga bisa membuatnya. Jadi, jika Anda sudah bekerja tetapi tidak mempunyai NPWP, bisa meminta Customer Service untuk membuatkan Tahapan Xpresi BCA.

Karena ditujukan untuk anak muda, biaya administrasi Tahapan Xpresi BCA sangat murah. Tetapi tidak perlu kuatir karena fasilitas yang didapat tetap komplit. Misalnya akses ATM, dan sebagainya.

  • TabunganKU BCA.

Syarat buka rekening tanpa NPWP berikutnya adalah dengan memilih produk TabunganKU BCA. Pada awalnya, produk ini merupakan program pemerintah untuk meningkatkan minat menabung masyarakat.

Selain syaratnya yang mudah, setoran awal juga sangat murah lho, yaitu dengan Rp20.000 Anda sudah bisa mempunyai rekening BCA dan kartu ATM. Plus, bebas biaya administrasi setiap bulan.

  • Simpanan Pelajar BCA (SimPel BCA).

Sama seperti produk sebelumnya, SimPel juga merupakan program Pemerintah. Tujuannya adalah untuk meningkatkan keinginan masyarakat untuk menabung. Dan program ini baru diluncurkan pada tanggal 14 Juni 2015. Masih sangat muda kan?

Jika Anda masih di bawah 17 tahun, maka Anda bisa mendaftar program tabungan yang satu ini.

  • LAKU BCA.

LAKU BCA adalah agen Bank BCA yang tersebar di berbagai pelosok tanah air. Fungsinya sama seperti Bank pada umumnya, tapi syarat untuk membuka tabungan tentu lebih mudah daripada di Bank.

Syarat buka rekening tanpa NPWP memang dirasa sangat membantu, apalagi bagi masyarakat yang masih awam tentang NPWP. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak mempunyai NPWP atau bahkan tidak tahu-menahu tentang itu.

Bukan karena sengaja, tetapi ada yang merasa penghasilannya tidak pasti, pekerjaan serabutan, dan sejenisnya yang tidak bisa mengurus NPWP. Jika Anda salah satunya dan ingin tetap membuka rekening BCA, silahkan ikuti langkah di atas.

Semoga berhasil.