Hidup tidak selamanya mulus, tidak selamanya di atas, dan ketika berada di bawah, bukan berarti Anda harus menyerah atau pasrah. Pegadaian ada untuk memberikan solusi.

Di luar sana ada banyak sekali pinjaman online yang selalu menggoda bagi Anda yang sedang terpepet. Padahal mengajukan pinjaman di Pegadaian sangat mudah. Syarat gadai BPKB motor di Pegadaian juga sangat cepat.

Mengapa Harus Pinjam Uang di Pegadaian?

Pegadaian adalah BUMN yang mempunyai izin resmi, yaitu izin untuk melakukan kegiatan lembaga keuangan (pembiayaan dan penyaluran dana) kepada masyarakat. Semua kegiatan tersebut berdasarkan Hukum Gadai yang tertuang dalam KUHP Pasal 1150.

Selain aman dan jelas, Anda juga bisa mendapatkan berbagai penawaran pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Salah satu kredit yang bisa Anda ajukan adalah Kredit Multi Guna dengan plafon mulai Rp1.000.000 sampai Rp100.000.000.  Anda bisa menggunakan roda dua atau roda empat sebagai jaminan.

Tak hanya itu, syaratnya pun sangat mudah dan barang yang Anda gadaikan dilindungi oleh asuransi, sehingga Anda tidak perlu kuatir barang gadai akan rusak, dan sebagainya.

Baca juga: Syarat Buka Rekening BCA tanpa NPWP Bagi Pekerja Lepas (Cukup Bawa KTP)

Syarat Gadai BPKB Motor di Pegadaian

Sebelum datang ke Pegadaian, sebaiknya pelajari dulu dan siapkan apa saja syarat gadai BPKB motor di Pegadaian agar bisa mempersingkat waktu. Proses pencairan pun bisa dilakukan dengan cepat.

  1. Foto Diri Anda.
  2. Fotocopy KTP Anda sendiri, Pasangan, dan/ atau keluarga (nama yang ada di dalam satu Kartu Keluarga).
  3. Fotocopy KK (Kartu Keluarga).
  4. Foto barang jaminan (bisa berupa barang fisik dan/ atau dokumen sah kepemilikan).
  5. Foto tempat kerja Anda.
  6. Fotocopy Izin Praktek Kerja atau Usaha. Bisa juga Surat Keterangan Kerja.
  7. Khusus pegawai non-formal harus menyertakan fotocopy Bukti Kepemilikan Tempat Tinggal.
  8. Fotocopy PBB (Pajak Bumi dan Bangunan), Rekening Listrik, Air, dan Telepon (masih untuk yang pegawai non-formal).

Cara Gadai BPKB Motor di Pegadaian

Setelah syarat-syaratnya terpenuhi, pastikan Anda mengikuti alur gadai di Pegadaian berikut ini:

  1. Lengkapi semua persyaratan di atas. Masukkan dalam satu map agar rapi dan tidak tercecer. Selain syarat di atas, ada syarat mutlak yang harus dipenuhi, yaitu berusia 21-60 tahun, WNI, dan sudah bekerja minimal 1 tahun.
  2. Tentukan tenor pinjaman yang Anda inginkan. Ada beberapa jangka waktu pinjaman yang bisa Anda dapatkan, antara lain 12 bulan, 18 bulan, 24 bulan, dan 36 bulan.
  3. Pelajari perhitungan bunga pinjaman. Agar Anda tidak keteteran di belakang, simak perhitungan bunga pinjaman di Pegadaian berikut ini:
  • Pinjaman Rp1.000.000-Rp10.000.000 harus membayar sewa modal sebesar 1.5% per bulan.
  • Pinjaman Rp10.100.000-Rp50.000.000 harus membayar uang sewa modal sebesar 1.25% per bulan.
  • Pinjaman Rp50.100.000-Rp100.000.000 harus membayar uang sewa modal sebesar 1.15% per bulan.

Sangat mudah bukan? Jadi, Anda tidak perlu takut atau ragu untuk bertransaksi di Pegadaian karena selain syarat gadai BPKB motor di Pegadaian yang mudah, prosesnya cepat, aman, dan dilindungi oleh Negara.

Jangan salah pilih perusahaan pembiayaan lagi. Pilihlah yang sudah mengantongi izin dan jelas asal-usul perusahaannya. Salam sehat dan selalu optimis.