Jika Anda tertarik untuk mempercantik hunian Anda tanpa ribet, salah satu cara yang bisa Anda pilih, yakni dengan menambahkan beberapa tanaman hias gantung tahan panas berikut ini ke rumah Anda.

Popularitas tanaman gantung mulai meroket sejak beberapa tahun belakangan. Alasannya sederhana saja. Pertama, menggantung tanaman menjadi solusi alternatif bagi pemilik hunian minimalis karena tidak memakan banyak ruang.

Kedua, ada banyak jenis tanaman hias gantung tahan panas yang tidak memerlukan bermacam-macam perawatan. Artinya, bahkan jika Anda tidak berbakat dalam berkebun sekalipun, tanaman-tanaman Anda akan tetap tampil mempesona meski dengan pemeliharaan seadanya.

Lalu, apa saja tanaman hias gantung yang pas untuk Anda budidayakan di tengah panasnya musim kemarau? Berikut daftarnya.

1. Sukulen Tasbih

Sukulen Tasbih Grumsa

Sukulen Tasbih  | Source: eristagarden.com

Apakah Anda tergolong wanita karier yang serba sibuk dan cuma punya sedikit waktu untuk berkutat dengan hobi Anda? Jika iya, maka Anda sebaiknya memutuskan untuk menanam sukulen tasbih.

Tahan panas, tanaman hias gantung outdoor ini hanya memerlukan sedikit air ketimbang dengan tanaman-tanaman lainnya di daftar ini. Namun, Anda juga mesti tahu satu fakta lainnya tentang Sukulen Tasbih, yakni dedaunannya yang rimbun akan membutuhkan cukup sinar matahari langsung.

Menariknya, jika Anda menempatkan Sukulen Tasbih di lingkungan yang mendukung pertumbuhannya, tanaman tersebut akan menghasilkan bunga merambat tahan panas yang menawan.

2. String of Hearts

String of Hearts Grumsa

String of Hearts

Tanaman merambat ini tidak membutuhkan sinar matahari langsung. Sebaliknya, String of Hearts tumbuh subur di tempat yang minim pencahayaan dan menyukai tanah yang cenderung kering.

Anda dapat menempatkan String of Hearts di dekat jendela dan biarkan sulurnya tumbuh memanjang seiring pergantian waktu.

Baca juga: 5 Tips Merawat Bunga Krisan agar Tetap Tumbuh Cantik

3. Tanaman Hoya

Tanaman Hoya Grumsa

Tanaman Hoya

Berikutnya, sepupu dari String of Hearts ini juga mampu bertahan dengan sedikit air. Tanaman Hoya pun dapat tumbuh subur di tempat yang redup, bahkan tanpa pencahayaan sama sekali.

Faktanya, varietas Hoya obovata ini menjadi idaman bagi mayoritas pecinta tanaman karena daunnya yang besar dan melingkar, serta dapat menampung banyak air. Oleh karena itu, tanaman hias gantung tahan panas dan hujan ini cocok buat Anda yang hobi berkebun tapi malas merawatnya.

4. Peperomia

Peperomia Grumsa

Peperomia

Sebetulnya, ada lebih dari seribu spesies Peperomia yang dapat Anda tanam. Namun, dari sekian banyak pilihan yang ada, peperomia angulata adalah tanaman hias gantung outdoor tahan panas dan hujan terbaik.

Juga dikenal dengan nama ”Peperomia Beetle”, tanaman ini menyukai tanah kering. Namun, Anda perlu waspada terhadap beberapa jenis hama yang suka bersembunyi di antara rimbunnya dedaunan Peperomia, seperti tungau dan kutu putih.

5. Pakis Boston

Pakis Boston Grumsa

Pakis Boston | Source: Tokopedia.com

Pakis Boston merupakan salah satu tanaman hias yang paling digemari para pecinta tanaman hias. Alasannya, selain tampilannya yang memesona dan Instagrammable, tidak sulit untuk merawat Pakis Boston. Selain itu, tanaman ini juga dapat tumbuh subur baik di dalam maupun di luar ruangan.

Walaupun demikian, banyak ahli berpendapat tanaman ini lebih pas ditempatkan di outdoor. Ini karena Anda harus sering-sering menyiram Pakis Boston dan memastikan tanahnya senantiasa lembab.

6. Satin Pothos

Satin Pothos Grumsa

Satin Pothos

Ragam sirih hias yang satu ini tergolong awet. Tak hanya itu, tanaman hias bunga gantung tahan panas ini juga sanggup bertahan dengan tanah kering dan membendung teriknya sinar matahari  untuk periode yang cukup lama.

Namun, jika menerima cukup pengairan, Satin Pothos akan tumbuh lebat hingga daun-daunnya menjuntai ke tanah dan memenuhi ruang hidup di sekitarnya.

Baca juga: Suka Tanaman Kaktus? 5 Tips Merawat Kaktus Mini bagi Pemula

7. Philodendron

Philodendron Grumsa

Philodendron | Source: thespruces.com

Daun-daun Philodendron yang tergolong dalam salah satu tanaman gantung yang bermanfaat karena dapat meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan, rupanya dapat tumbuh menjuntai dengan anggun apabila Anda menanamnya dalam wadah tinggi.

Selain itu, Philodendron juga sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan di sekitarnya serta tidak rewel jika menerima sedikit air atau cahaya.

8. Bunga Kupu-Kupu

Bunga Kupu Kupu Grumsa

Bunga Kupu Kupu | Source: Tokopedia.com

Tanaman hias dengan nama latin Oxalis triangularis ini ternyata bersifat fotofobik. Maknanya, daun-daun dari bunga kupu-kupu menutup di malam hari saat sinar matahari mulai redup.

Tanaman cantik ini juga cocok dijadikan bunga gantung di teras atau halaman belakang yang teduh. Namun, karena bunga kupu-kupu sejatinya berasal dari alam liar, Anda juga bisa menempatkan tanaman ini di bawah sinar matahari langsung.

Sama seperti kebanyakan tanaman hias tahan panas lainnya, Anda tidak perlu sering menyiram bunga kupu-kupu.

Penutup

Berbicara soal membudidayakan tanaman hias dalam pot gantung, cara terbaik untuk merawatnya adalah dengan tidak memindahkan tanaman pilihan Anda dari pot aslinya.

Kemudian, rekatkan alas plastik di bagian dasar pot untuk menampung kelebihan air. Dengan begitu, air tidak akan memercik dan mengotori lantai Anda.

Juga, pelajari kembali secara mendetail mengenai karakteristik dari tanaman hias gantung tahan panas tertentu yang Anda pilih. Dengan demikian, Anda dapat memberikan perawatan terbaik untuk menjaganya tetap subur dan menawan.