Kebanyakan orang menganggap menaburkan garam sebagai cara terampuh untuk mengusir ular. Namun, tahukah Anda bahwa enam tanaman pengusir ular ini juga sanggup bekerja tidak kalah efektifnya dalam menangkal keberadaan ular di sekitar hunian Anda?

Terlebih lagi jika Anda hobi berkebun, tanaman-tanaman ini wajib ada di pekarangan rumah Anda. Selain menambah daya tarik lingkungan sekitar, rumah Anda juga akan senantiasa terbebas dari kunjungan reptil berbisa satu ini berkat sederet tumbuhan ini.

Jadi, tanaman pengusir ular apa saja yang wajib ada di pekarangan rumah Anda? Berikut daftarnya.

1. Serai

Serei

Serei

Selain cara merawatnya yang gampang, banyak orang menyukai rempah-rempah yang satu ini karena wangi sitrusnya yang khas dan kuat. Faktanya, ular tidak menyukai bau-bauan yang menyengat. Oleh karena itu, serai menjadi salah satu musuh alami ular.

Khususnya, tanaman serai pengusir ular jenis “West Indian” merupakan varian serai yang paling dibenci ular. Tidak hanya ular, serai juga merupakan penangkal alami nyamuk dan kutu caplak.

2. Snakeroot

Snakeroot

Snakeroot

Snakeroot adalah jenis tanaman pengusir ular lainnya yang berasal dari dataran Amerika Utara. Tanaman ini dikenal mengandung racun yang menangkal ular. Terutama, racun tersebut banyak terdapat pada akar dan dedaunan pahit snakeroot.

Hal ini karena salah satu senyawa bernama “reserpine” yang terkandung dalam snakeroot. Zat ini dapat menyebabkan pusing dan memperlambat detak jantung ular.

Tetapi, belum diketahui secara pasti apakah racun tersebut betul-betul mempan membunuh ular.

3. Mugwort

Mugwort

Mugwort

Jika tanaman ini umumnya terkenal karena segudang manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan kulit, hanya segelintir orang yang mengetahui bahwa mugwort sebetulnya juga merupakan tanaman pengusir ular kobra.

Tidak banyak yang mengandalkan mugwort karena proses budidayanya yang cukup rumit, terlebih jika Anda tidak memiliki begitu banyak waktu luang. Tetapi, sifat insektisida dari tanaman ini mempan menangkal keberadaan ular di sekitar rumah Anda.

Baca juga: 8 Tanaman Hias Gantung Tahan Panas yang Mudah Perawatannya

4. Bawang Merah dan Bawang Putih

Bawang Merah Bawang Putih

Bawang Merah Bawang Putih

Bawang merah dan bawang putih adalah dua hasil kebun yang sangat berguna, tetapi fungsinya lebih dari sekadar melezatkan makanan. Di samping itu, keduanya juga termasuk tanaman pengusir ular hijau.

Anda tentu tahu bahwa kedua jenis bawang ini memiliki aroma yang khas. Faktanya, ular tidak menyukai bau dari kedua tanaman tersebut. Selain itu, aroma tidak sedap dari kedua tanaman ini ternyata juga memiliki efek yang dapat mengacaukan sensor ular.

Maka, bisa dikatakan bahwa umbi-umbian ini adalah tanaman pengusir ular terbaik. Hal ini karena keduanya memproduksi redusi berminyak yang secara otomatis merespon kehadiran ular.

Uniknya, residu minyak tersebut menghasilkan efek pedih seperti sensasi yang sama yang menguar dari bawang ketika Anda mengirisnya.

5. Lidah Mertua

Lidah Mertua

Lidah Mertua

Lidah mertua ialah tanaman pengusir ular terbaik lainnya.

Namun, tidak seperti tanaman-tanaman sebelumnya yang memproduksi bau-bauan tertentu untuk menangkal ular, hewan reptil tersebut rupanya menganggap lidah mertua sebagai tanaman berpenampilan mengerikan. Hal ini karena bentuk daun lidah mertua yang tajam.

Tanaman hias pengusir ular ini juga dapat mempercantik pekarangan Anda. Selain itu, perawatannya pun tergolong mudah. Anda hanya perlu menyiramnya tiga kali seminggu dan lidah mertua pun akan tumbuh baik selama bertahun-tahun.

6. Marigold

Marigold

Marigold

Marigold adalah tanaman bunga yang kerap menjadi andalan bagi para petani di Negeri Paman Sam untuk mencegah hama. Faktanya, manfaat mencengangkan tersebut datang dari akar tanaman cantik pengusir ular ini.

Petani-petani tersebut sengaja menanam Marigold berdampingan dengan tumbuhan lain di ladang mereka untuk mencegah serangan tikus mondok. Alasannya karena akar Marigold tumbuh dalam dan mengeluarkan bau menyengat yang hama tidak suka, terutama ular.

Selain itu, bunga-bunganya yang cerah dan berwarna-warni menyemarakkan suasana, memperkuat alasan mengapa Anda sebaiknya tidak melewatkan untuk menanamnya di kebun atau taman Anda.

Terlebih lagi, harga tanaman pengusir ular yang satu ini juga sangat terjangkau. Anda bisa memperoleh benih Marigold dengan harga mulai dari Rp500,00 saja per biji.

Penutup

Menjaga kebersihan lingkungan menjadi kunci utama untuk menjauhkan ular dari rumah Anda. Juga, ada baiknya jika Anda secara rutin memangkas rumput supaya ular tidak bersembunyi di antaranya.

Faktanya, keberadaan ular tidak betul-betul berdampak buruk bagi pekarangan Anda ataupun ekosistem di sekitar tempat tinggal Anda. Tetapi, beberapa di antaranya memiliki racun yang membahayakan nyawa.

Jadi, alih-alih membunuhnya, keenam tanaman pengusir ular di atas dapat mencegah kemunculannya secara alami.