Kenari Yorkshire import merupakan primadona burung kenari. Sesuai dengan namanya, burung ini memang berasal dari Yorkshire, Inggris (Ring IOA). Meski begitu, mayoritas kenari yorkshire di Indonesia diimpor dari negara lain seperti Turki, Belgia (Ring AOB), Italia (Ring FOI), Jerman (Ring DKB) dan lain sebagainya. Jadi, burung ini tidak selalu diimpor dari Inggris.

Untuk membeli dan memelihara burung ini, Anda harus mengeluarkan biaya yang cukup besar. Bagaimana tidak, angka minimal yang harus Anda bayarkan untuk membawa pulang burung ini sudah ada di nominal jutaan. Belum lagi, Anda harus mengalokasikan biaya ekstra untuk makanan, vitamin dan kebutuhan lainnya.

Tips Membeli Burung Kenari Yorkshire Import

Pada dasarnya, ada beberapa alasan kenapa orang memburu burung ini. Alasan pertama, burung ini memiliki badan yang ideal dan sering diikutkan kontes show. Kedua, suara burung ini sangat keras dan gacor sehingga sudah pasti diikutkan dalam lomba suara. Ketiga, ada juga orang yang membelinya untuk dipelihara di rumah sebagai hiburan dan untuk diternakkan.

Harga Kenari Yorkshire import yang terbilang mahal ini mengharuskan Anda untuk berhati-hati saat membelinya. Jika tidak waspada, Anda bisa saja tertipu. Tentu tidak lucu, jika Anda sudah mengeluarkan uang jutaan dan ternyata hanya mendapat burung kenari lokal kan? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

 Baca juga: Tips Memilih Kenari Yorkshire Lokal (YSL)

1. Kenali Ciri-Cirinya

Sebelum membeli, pastikan Anda tahu dengan baik ciri-ciri kenari yorkshire import. Burung kenari jenis ini memiliki bentuk tubuh seperti wortel, di  mana bagian atas besar dan bagian bawahnya semakin kecil. Kenari Yorkshire import juga dikenal memiliki dada yang bidang dan padat.

Panjang badannya bisa mencapai 16 cm dengan warna bulu yang cantik, tipis dan bersih. Beberapa jenis warna bulu Yorkshire adalah kuning, jingga, coklat, cinnamon, hijau dan putih. Burung Kenari Yorkshire berbulu putih adalah yang paling langka dan pastinya mahal.

Bagian mata si burung berwarna cerah tajam dan kakinya jenjang. Secara visual burung ini layaknya model yang berjalan di catwalk. Kenari Yorkshire import termasuk dalam kategori burung yang lincah lho. Suara dari burung ini juga lebih keras dan lebih gacor jika dibandingkan dengan burung kenari lainnya.

2. Pilih Penjual yang Terpercaya

Untuk membeli burung ini, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya. Jika Anda anggota komunitas, maka berdiskusi dengan sesama anggota adalah pilihan yang bijak. Sebaliknya, jika Anda terbilang baru di dunia jual-beli burung, maka carilah orang yang sekiranya bisa Anda mintai pendapat.

Melakukan riset kecil di internet juga sangat membantu untuk menentukan di mana tempat jual Kenari Yorkshire import yang terpercaya. Ketahui juga waktu-waktu terbaik untuk membeli Yorkshire, di mana salah satunya adalah saat Yorkshire tiba di Indonesia yaitu di bulan Oktober.

3. Cari Tahu Harga Pasar

Burung Kenari Yorkshire Import bisa dibilang sebagai kenari termahal. Harganya sudah pasti mencapai jutaan. Tapi ini bukan berarti Anda harus mengikuti

berapapun harga yang ditawarkan oleh penjual. Normalnya, harga Yorkshire import adalah sekitar Rp. 8 juta hingga Rp. 15 juta untuk siap kawin. Naik turunnya harga bisa dipengaruhi oleh kondisi fisik si burung, jenis kelamin dan bahkan suara gacornya.

Hal yang Perlu Diingat Saat Memelihara Yorkshire Impor

Jika Anda sudah membeli Yorkshire import, maka pastikan semua kebutuhan si burung terpenuhi. Hal ini karena mereka dikenal rentan sakit. Jika Anda tidak memiliki persiapan cukup, burung kenari bisa saja lemas dan mati di awal-awal proses pemeliharaannya.

Meski terbilang burung yang bersih, Anda juga harus menjaga kebersihan si burung dengan baik. Bersihkan kandang secara teratur dan jaga asupan makanan mereka. Kenari Yorkshire import ini lebih suka tinggal di kandang yang luas dan lega.

Nafsu makan burung ini sangat tinggi jika mereka  dalam  kondisi  yang  sehat. Beberapa jenis makanan Kenari Yorkshire import yang direkomendasikan adalah buah-buahan (apel dan pir), canary seed, serta sayuran (mentimun, gambas/oyong, wortel, paprika, sawi dan jagung muda). Sebagai tambahan Anda juga bisa memberikan roti kering, asinan dan makanan kemasan khusus untuk YS.

Dari ulasan di atas, apakah Anda sudah siap untuk memelihara burung cantik ini?