Foto polaroid menjadi semakin disukai karena kesannya yang manis dan keren. Sebenarnya, Anda juga bisa menghasilkan jepretan yang sama persis tanpa harus memiliki kamera polaroid. Kuncinya adalah mengetahui ukuran foto polaroid.

Kenapa Banyak yang Menyukai Foto Polaroid?

Sebenarnya kamera polaroid menjadi sangat disukai karena memang praktis digunakan di mana pun. Hasil fotonya juga lebih cepat dan praktis, jadi tidak perlu menunggu lama. Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh kamera polaroid, yaitu mudah digunakan untuk pemula dan praktis dipakai untuk jalan-jalan..

Foto-foto polaroid sendiri banyak disukai karena berbagai kelebihan yang dimiliki. Beberapa keunggulan tersebut antara lain:

Hasil yang Cantik dan Berkesan

 Anda akan mendapatkan hasil foto yang lebih berkesan. Mungkin kualitasnya memang tidak sebaik kamera DSLR, tetapi ada kesan tersendiri yang dimiliki foto polaroid. Apalagi ada sisa kertas di bagian tepi yang akan membuat tampilan lebih hits dan menarik.

Cocok untuk Hiasan

 Jika biasanya Anda menggunakan bingkai untuk memajang foto, hasil jepretan polaroid lebih cocok untuk digunakan sebagai hiasan di dinding. 

Anda tidak perlu membeli bingkai mahal. Gunakan kreatifitas sendiri untuk menciptakan hiasan yang indah, baik ditempel langsung atau menggunakan tali dan berbagai media lain.

Menghasilkan foto-foto cantik sudah bukan mimpi lagi. Anda bisa melakukannya dan menyimpannya dalam album sendiri. Selain itu, menggantungnya di kamar juga menjadi pilihan tepat.

Bagaimana? Sudah tertarik dengan foto-foto ala polaroid? Jika tak punya kameranya, Anda bisa membuat foto-foto itu dengan mudah hanya bermodal kamera ponsel. Namun, sebelum itu, Anda harus mengetahui beberapa ukuran foto polaroid dan ukuran standarnya dulu.

Baca juga: Berbagai Cara Ganti Background Foto dengan Cepat dan Mudah

Ukuran Foto Polaroid yang Sering Digunakan

Jika membahas tentang ukuran foto polaroid, umumnya yang sering diterapkan adalah ukuran 12,7 x 8,9 cm. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah sejumlah ukuran dalam R, inci, dan sentimeter:

  • Ukuran foto 2R (5,6 X 8,9 cm atau 2 x 3,5 inchi).
  •  Ukuran foto 3R (8,9 X 12,7 cm atau 3,5 x 5 inchi).
  • Ukuran foto 4R (10,2 x 15,2 cm atau 4 x 6 inchi)
  • Ukuran foto 5R (12,7 x 17,8 cm atau 5 x 7 inchi)
  • Ukuran foto 6R (15,2 x 20,3 cm atau 6 x 8 inchi)
  • Ukuran foto 8R (20,3 x 25,4 cm atau 8 x 10 inchi)

Untuk membuat hasil foto yang bagus, Anda harus memperhatikan berbagai ukuran di atas. Tidak perlu menggunakan kamera polaroid yang asli jika memang tidak memilikinya. Cukup perhatikan beberapa hal berikut:

  • Pilihlah filter asli dengan warna yang mirip dengan foto polaroid.
  • Gunakan warna dengan dominasi gelap dan memiliki bayangan.
  • Jangan lupa menggunakan flash dari kamera untuk hasil yang lebih bagus.
  • Pilih salah satu ukuran yang paling Anda butuhkan, misalnya 2R atau 3R (sesuaikan dengan kebutuhan Anda).
  • Jika ingin yang lebih mudah, tinggal instal aplikasi polaroid di smartphone.

Foto polaroid banyak disukai karena berbagai alasan. Termasuk kelebihan yang dimilikinya. Jika Anda bisa menghasilkan ukuran foto polaroid asli tanpa kamera polaroid, banyak yang akan mengira Anda memang menggunakan kamera sesungguhnya. 

Jika Anda memang tidak memiliki kamera polaroid, gunakan saja ponsel dan terapkan filter sesuai atau unduh aplikasi untuk foto polaroid. Kuncinya, pahami ukuran foto polaroid yang harus Anda pakai dan sesuaikan dengan kebutuhan.