Penggunaan glass block lebih efektif dari penggunaan jendela kaca. Terutama bagi yang menyukai adanya privasi di dalam ruangan. Ukuran glass block yang minimalis telah banyak terdapat di pasaran dengan motif dan bentuk bervariasi.

Dengan banyaknya variasi warna, Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan. Bahkan menggunakan beberapa glass block di dalam rumah juga akan menjadi pilihan tepat. Asalkan sesuai dengan desain dan warna yang menarik.

Berapa Ukuran Glass Block?

Secara umum, ukuran dari glass block yang tersedia adalah 20 cm x 20 cm. Untuk tebalnya sendiri sekitar 11 cm, sehingga hampir menyerupai batu bata ketika ditanam di dinding.

Banyak yang mulai menggunakan glass block karena terbukti mampu memberikan pencahayaan di rumah. Bahkan dengan tetap melindungi privacy dari penggunanya.

Bukan hanya ukuran glass block 20 cm x 20 cm saja yang menarik, tetapi variasi warna dan bentuk juga semakin menarik. Anda bisa memperoleh desain dengan warna sesuai kebutuhan.

Selain memiliki desain yang unik, harga yang dibanderol untuk blok kaca juga cukup terjangkau, tapi masing-masing blok memiliki harga yang berbeda, sesuai motif dan variasi warna yang Anda pilih.

Ada yang harga persatuannya berkisar antara Rp19.000, ada juga yang lebih murah. Untuk satu dus biasanya ditawarkan dengan harga kurang lebih Rp130.000.

Baca juga: DIY Hacks : Dekorasi On a Budget dari barang-barang tak terpakai dirumah !

Beberapa Kelebihan Glass Block

Menggunakan blok kaca sebagai salah satu material bangunan rumah memberikan berbagai kelebihan. Seperti beberapa kelebihan berikut:

  • Rumah akan menjadi lebih terang, bahkan ketika tidak menggunakan lampu karena pencahayaan dari luar yang langsung bisa menembus blok kaca
  • Pemasangan blok kaca cukup mudah
  • Blok kaca memiliki daya tahan dan kekokohan yang baik
  • Meski terbuat dari kaca tetapi blok kaca tidak mudah pecah
  • Ada banyak variasi warna dan motif sesuai keinginan Anda
  • Perawatannya mudah dan praktis

Pengaplikasian Blok Kaca untuk Desain Rumah

Ukuran glass block secara umum memang sama, tetapi dalam pengaplikasiannya bisa sangat bervariasi. Anda bisa memasangnya sebagai pelengkap berbagai ruangan di rumah. Ruangan akan terlihat lebih cantik dan menarik.

Desain Kamar Mandi Berkelas

Memiliki jendela kaca di kamar mandi memang tidak direkomendasikan, tetapi akan berbeda cerita jika yang dipakai adalah  glass block.

Anda bisa memasang blok kaca untuk pencahayaan yang lebih terang di dalam kamar mandi. Alhasil ruangan akan terlihat lebih berkelas dan indah. Tentu saja dengan privacy yang tetap terjaga.

Desain Ruangan Vintage

Penggunaan blok kaca juga bagus untuk membuat desain ruangan vintage menjadi lebih sempurna. Apa pun ruangan yang Anda pilih, penambahan glass block yang berjajar rapi akan memberikan kesan ruangan yang mengagumkan.

Cocok untuk Berbagai Desain

Ruangan yang nyaman tidak diukur dari besarnya ruangan, tetapi bagaimana Anda memilihkan desain yang paling sesuai untuk ruangan. Glass block sangat cocok untuk menghiasi ruangan besar atau minimalis Anda.

Baik ruangan dengan desain vintage, bohemian, skandinavia, tradisional, hingga modern. Pastikan untuk memilih ukuran glass block dengan warna dan motif sesuai keperluan.

Beberapa kelebihan blok kaca tersebut membuat banyak orang semakin menyukainya sebagai pelengkap desain rumah. Meski ukuran glass block hanya ada satu variasi saja, tetapi penerapannya dapat diaplikasikan sesuai kebutuhan Anda.